2 WNA di Kota Cirebon, Terdaftar di DPT

oleh -2 views
Data WNA yang masuk dalam DPT diperlihatkan Ketua Bawaslu Kota Cirebon

INFOCRB.COM, CIREBON,- YK (59) dan YSB (78) Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di Kota Cirebon terdaftar dalam Pemilih Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Tahun 2019. Hal itu dijelaskan oleh Ketua Bawaslu Kota Cirebon, Mohammad Joharudin, Senin (4/3/2019).

“Dari 215 WNA yang terdata dan memiliki e-KTP di Kota Cirebon, ada dua di antaranya terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT). Ini berdasarkan hasil kroscek dari data Disdukcapil, sistem KPU, kemudian kita kroscek dan ditemukan,” kata Joharudin.

Menurut Joharudin, YK terdaftar di TPS 12 Kelurahan Kesambi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon. Sedangkan, YSB, terdaftar di TPS 10 Kelurahan Pekalipan, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon.

“Dalam Pasal 198 UU Nomor 7 Tahun 2017 dijelaskan bahwa hanya warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih, baik yang berusia 17 tahun maupun sudah kawin,” jelasnya.

[ads1]

Ia menambahkan, pihaknya telah melaporkan adanya dua WNA yang terdaftar di DPT itu ke Bawaslu Jabar.

“Sudah, sudah kami sampaikan juga temuan ini ke Bawaslu Jabar, ya, kita diminta Bawalsu Jabar untuk mengawasi tentang WNA ini,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Cirebon, Didi Nursidi mengakui adanya informasi dari Bawaslu tentang temuan dua WNA yang masuk DPT di Kota Cirebon.

“Kami dapat informasi dari Bawaslu, tetapi data di kami, ada 240 WNA di Kota Cirebon dan keseluruhannya tidak ber E-KTP, dan itu tidak diragukan lagi, mereka tidak masuk ke DPT,” ujar Didi.

Menindaklanjuti temuan dari Bawaslu tersebut, ditambahkan Didi, KPU akan melakukan kajian, termasuk menunggu rekomendasi dari Bawaslu terkait dua WNA itu.

“Kami akan cermati dan pelajari, jika temuan itu ada, maka kita akan lakukan sesuai rekomendasi dari Bawaslu, tetapi yang pasti, DPT tidak mungkin kami revisi, itu sudah final, paling nanti kami berikan keterangan bahwa yang bersangkutan tidak memenuhi syarat untuk melakukan pencoblosan,” ungkapnya. (Agi)

[ads2]

Komentar on Facebook

Tentang Penulis INFOCRB

Gambar Gravatar
Digital Media Informasi & Hiburan