45 Pondok Pesantren akan Terima Bantuan dari Baznas Kota Cirebon

oleh -47 views

Foto : paket sembako yang akan disalurkan ke 45 ponpes di Kota Cirebon

INFOCRB.COM, CIREBON.- Tahun 2021 berlalu, kini menginjak Tahun 2022, semangat baru pun hadir di semua sisi kehidupan. Salah satunya, bagi para pengurus pondok pesantren (ponpes) sekaligus warga di dalamnya.

Di tahun ini, Ponpes menerima bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Cirebon yang berkolaborasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Cirebon.

Bantuan berupa sembako tersebut, disalurkan Baznas masih dalam rangka program Membantu Dampak Pandemi (Membumi) yang sudah berjalan sejak Tahun 2021.

Ketua Baznas Kota Cirebon, M. Taufik menjelaskan, bantuan ini diberikan untuk semua lembaga pendidikan pesantren melalui program Jaga Ponpes. Selain untuk pemulihan ekonomi di masa pendemi ini, penyaluran bantuan itu juga dalam rangka HUT ke-21 Baznas di tahun ini.

“Alhamdulillah, program Jaga Ponpes ini untuk membantu dampak pandemi, khususnya bagi ponpes, sekaligus juga dalam rangka HUT ke-21 Baznas,” ucapnya, Rabu (12/1/2022).

Dijelaskan Taufik, pihaknya berkolaborasi dengan Kantor Kementerian Agama, karena data ponpes yang diberikan bantuan merupakan data yang dimiliki oleh Kemenag sebagai leading sectornya.

“Sesuai data yang kami terima dari Kemenag, siapkan bantuan untuk 45 Ponpes di Kota Cirebon,” katanya.

Saat ini, lanjut Taufik, pihaknya masih menyiapkan paket bantuan yang akan diserahkan. Menurutnya, masing-masing ponpes akan mendapatkan bantuan berupa bahan pangan serta sembako senilai Rp 3.006.000 untuk masing-masing ponpes.

“Disalurkan dalam minggu-minggu ini, Insya Allah, untuk satu Ponpes kita berikan paket sembako, ini program khusus dari Baznas Kota Cirebon,” kata Taufik.

Ia menambahkan, dari data bantuan yang sedang disusun dan disiapkan Baznas, masing-masing pesantren akan mendapatkan sembako berupa 100 kilogram beras, enam dus mie instan, 60 kaleng sarden, 10 kilogram gula pasir, 24 liter minyak goreng, serta susu dan juga goodie bag.

Komentar on Facebook

Tentang Penulis M Hasan Hidayat

Gambar Gravatar
Pencari Berita Wilayah Cirebon Kota