65 Persen Pasien Covid-19 di RSD Gunung Jati dari Luar Kota

oleh -37 views

Foto : Wakil Direktur Pelayanan Medis dan Keperawatan RSD Gunung Jati, dr Siti Maria Listiawty (kanan)

INFOCRB.COM, CIREBON.- Jumlah pasien Covid-19 yang di Rumah Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati dalam periode Januari – 14 Juni 2021 berdasarkan wilayah, paling banyak dari Kabupaten Cirebon, jika dipresentasekan mencapai 49,26 persen dari total 1803 pasien. Hal tersebut diungkapkan Wakil Direktur Pelayanan Medis dan Keperawatan RSD Gunung Jati, dr Siti Maria Listiawty.

“Kami selama ini melakukan pelayanan pasien Covid-19 dari Kota Cirebon sebanyak 34,37 persen, untuk Kabupaten Cirebon itu 49,26 persen,” ujarnya, Kamis (17/6/2021).

Dijelaskan dr Maria -biasa ia disapa, untuk kabupaten lain yakni Majalengka, Kuningan dan Indramayu presentasenya maksimal berada di angka lima persen. “Kami rumah sakit pemerintah, rujukan juga, kami tidak menolak pasien untuk masuk,” ungkapnya.

dr Maria menyampaikan, terkait Bed Occupancy Ratio (BOR) di RSD Gunung Jati untuk pasien Covid-19 mendekati titik kritis, bahkan ruang ICU sudah 100 persen penuh, tingginya pasien Covid-19 yang mengalami gejala membuat puluhan pasien terpaksa mengantri di IGD.

“Sebanyak 37 pasien di IGD mengantri untuk bisa masuk ruangan perawatan, lantaran BOR hampir penuh,” ucapnya.

Di sisi lain, kata dr. Maria, pihak manajemen RSDGJ masih mengupayakan penambahan kapasitas ruangan, meski kekurangan sumber daya manusia (SDM) tenaga kesehatan (nakes).

RSDGJ menyiapkan satu ruangan lagi untuk dibuka, sehingga akan menambah kapasitas ruang perawatan, dari kapasitas total ruangan untuk Covid-19 yang mencapai 154, terdapat 117 yang aktif digunakan, hari ini akan akan ditambah hari ini menjadi 121, sedangkan saat ini sudah ada 99 yang ada di ruang isolasi. Sementara total pasien covid-19 termasuk dengan yang ada di IGD mencapai 136 sehingga harus mengantri untuk mendapatkan kamar.

“Walaupun dapat melakukan penambahan ruangan, saat ini terdapat kendala kekurangan SDM, namun kami berusaha bekerja secara maksimal untuk menyelamatkan pasien,” ungkapnya. (Pey)

Komentar on Facebook

Tentang Penulis M Hasan Hidayat

Gambar Gravatar
Pencari Berita Wilayah Cirebon Kota