Ada Proses Skrining, Lansia Tidak Perlu Khawatir Jalani Vaksinasi Covid-19

oleh -16 views

Foto : Humas Pemda Kota Cirebon

INFOCRB.COM, CIREBON.- Vaksinasi Covid-19 bukan suatu proses yang perlu ditakuti, terlebih mendapat informasinya dari sumber yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Khususnya, untuk warga lanjut usia (lansia) jangan khawatir, karena sebelum penyuntikan vaksin pun dilakukan proses skiring oleh dokter dan tenaga kesehatan.

Hal tersebut diungkapkan Camat Lemahwungkuk, Adam Walesa, SSTP ,M.Si saat ditemui usai rapat evaluasi Covid-19 Kota Cirebon, di Balaikota, Rabu 2 Juni 2021. “Masyarakat jangan khawatir, kalau memang yang bersangkutan bukan waktu yang tepat, pada saat skrining tidak diberi izin, ya vaksinasi itu tidak dilakukan,” ungkapnya.

Adam menyampaikan, vaksinasi Covid-19 di Wilayah Kecamatan Lemahwungkuk sudah berjalan sejak Bulan Ramadan, khususnya untuk lansia dan pelayan publik. “Untuk target tahap pertama cakupannya sudah 90 persen, untuk tahap ke dua prosesnya masih berjalan, jadi belum dapat dipresentasekan,” jelas Adam.

Terkait antusiasme masyarakat terhadap program vaksinasi Covid-19, kata Adam, cukup baik. Hanya saja, ada sebagian yang masih termakan isu-isu hoaks pemberitaan negatif soal vaksinasi ini. “Kami juga terus berupaya mensosialisasikan vaksinasi ini, upaya lain kami menjemput warga yang tinggalnya jauh dari lokasi vaksinasi, mudah-mudahan di tahap kedua ini dapat berjalan maksimal,” katanya.

Sementara itu, Penanggung Jawab Program Vaksinasi Puskesmas Kesunean, Yeti Sumiyati mengatakan, vaksinasi wilayah Kecamatan Lemahwungkuk hari ini digelar di Puskesmas Kesunean. “Hari ini tadi vaksinasi dilakukan di Puskesmas,” kata Yeti.

Menurutnya, sasaran vaksinasi masih pelayan publik dan lansia untuk dosis kedua. Jumlahnya, dijelaskan Yeti, lansia 10 orang dan pelayan publik 40 orang. “Tidak ada yang ditunda semua menjalani vaksinasi, lansia dan pelayan publik dari perusahaan yang memang sebelumnya terlewat, jadi hari ini menyusul vaksinasinya,” jelas Yeti.

Ia menambahkan, efek samping dari vaksinasi ini tidak ada, selain mengantuk dan pegal-pegal di bagian tubuh yang disuntik, sehingga jangan takut atau khawatir berlebih untuk menjalani vaksinasi Covid-19 ini. “Itu yang dialami warga lansia setelah divaksin, kebanyakannya lemes dan mengantuk saja, itu wajar, kami kembali sampaikan bahwa vaksinasi ini aman, ini merupakan ikhtiar kita, semua pandemi ini segera berakhir,” pungkasnya. (Pey/rilis Humas Pemda Kota Cirebon)

Komentar on Facebook

Tentang Penulis M Hasan Hidayat

Gambar Gravatar
Pencari Berita Wilayah Cirebon Kota