Bangkit Dari Kegagalan, Budidaya Cacing Jadi Prospek Yang Menjanjikan

oleh -121 views

INFOCRB.COM, CIREBON- Budidaya cacing kembali menggeliat, kali ini Cacing Tiger dipilih untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan resiko kerugian yang sangat minimalis.

Di Cirebon, ada salah satu pegiat budidaya Cacing Tiger yang mulai meraup keuntungan setelah lebih dari tiga bulan dirinya melakukan kegiatan bisnis tersebut. Dia adalah Yaya (40) yang beralamat di Karyamulya, Kesambi, Kota Cirebon.

“Budidaya Cacing Tiger sejak empat bulan jalan,” ujarnya.

Diungkapkannya, awal dilakukan pembibitan dengan membeli benih ukuran dewasa, setelah itu menunggu bertelur setelah 21 hari dan menetasnya butuh waktu 12 hari

“Hasil telur menetas itu, barulah dijual setelah usianya 3 bulan. Jadi, prosesnya setelah empat bulan baru bisa dijual,” ucapnya.

Tips budidaya cacing tiger, menurutnya, yang terpenting terjaga tempatnya, jangan sampai ada hama yang masuk, seperti tikus, serangga.

“Sehingga cacing dalam keadaan aman. Cacing ini daya tahan tubunya kuat,” jelasnya.

“Saya milih budidaya ini karena prosesnya bagus, dan di wilayah Cirebon belum banyak yang melakukannya. Tingkat kegagalannya sangat minim bahkan tidak ada,” imbuhnya.

Ia mengatakan, bisnis budidaya ini untuk jangka panjang, satu tahun dapat balik modal dan keuntungan bisa seratus persen.

“Cacing tiger ini biasa dipakai untuk umpan pancing ikan lele dan ada juga untuk pengobatan panas dalam, dengan cara dikeringkan, dijual di toko pakan ternak, untuk perorangan juga bisa,” pungkasnya. (Agi)

Komentar on Facebook

Tentang Penulis INFOCRB

Gambar Gravatar
Digital Media Informasi & Hiburan