Banyak Pelanggar PPKM, PN Cirebon Bentuk Dua Majelis untuk Sidang Tipiring

oleh -19 views

Foto : Sidang Tipiring di GTC

INFOCRB.COM, CIREBON.– Banyaknya pelanggar aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kota Cirebon, Pengadilan Negeri (PN) Cirebon membentuk dua majelis untuk sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring) di GTC, Kecamatan Kesambi.

“Awalnya kami hanya bentuk satu majelis saja, terdiri dari satu orang hakim dan satu panitera, tapi hari ke hari makin banyak pelanggar akhirnya kami bentuk dua majelis,” kata Wakil Ketua PN Cirebon, Ahmad Rifai, SH, MH saat ditemui di sela kegiatannya, Kamis (15/7/2021).

Terkait denda yang diterapkan, kata Ahmad Rifai, mulai diterapkan dengan tegas pada hari ke-empat sampai hari ini. Pasalnya, pada hari pertama itu segala peraturan belum tersosialisasi secara meluas.

“Ada yang dikenakan denda sampai Rp 8 juta, tapi yang pasti denda akan lebih tinggi, karena pelanggar ini bukan coba-coba lagi, mereka memang sengaja untuk melanggar, mereka membandel, nanti bisa-bisa angka covid di Kota Cirebon ini malah semakin tinggi,” ujarnya.

“Dari segi pendidikan hukum, kami akan lebih tegas dan keras lagi,” imbuh Ahmad Rifa’i.

Ia menjelaskan, jumlah yang sudah disidang tipiring lebih dari 250 pelanggar. “Denda yang keras ini bentuk jera, agar tidak ada lagi pelanggar,” tandasnya.

Komentar on Facebook

Tentang Penulis M Hasan Hidayat

Gambar Gravatar
Pencari Berita Wilayah Cirebon Kota