BeritaCirebonPolitik

Bawaslu Tegaskan Larangan Berbagi Uang Dalam Kampanye

INFOCRB.COM. CIREBON,- Badan Pengawas Pemilu (Bawalu) kembali menegaskan bahwa segala kegiatan kampanye partai politik, penyelenggaranya dilarang memberikan dalam bentuk uang.

Ketua Bawaslu Kota Cirebon, Mohammad Joharudin mengatakan, aturan pembiayaan peserta kampanye, di UU No 7 tahun 2017 Pemilu, terkait kampanye, ada larangan, pasal 280 ayat 1, poin J, diatur dilarang menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya kepada peserta kampanye pemilu.

“Itu dijelaskan bahwa dalam penjelasan, biaya kampanye itu adalah untuk bahan kampanye, termasuk makanan dan minum serta transportasi,” kata Johar, Rabu (13/3/2019).

Dikatakan Johar, berkaitan dengan itu, Bawaslu, sudah bersurat ke KPU RI, terkait dengan pengecualian yakni bahan kampanye, makan, minum dan tranportasi itu tetap tidak dalam bentuk uang.

“KPU RI menyampaikan surat ke jajarannya, untuk biaya kampanye disesuaikan dengan standar biaya daerah. Itu yang menjadi dasar KPU menetapkan biaya peserta kampanye,” ungkapnya.

Johar menerangkan, untuk kampanye terbuka yakni rapat terbuka (dalam tertutup atau terbuka) jumlahnya tidak melebihi tempat duduk, dasarnya tercantum dalam PKPU No 23 pasal 28.

“Rapat umum, pesertanya bisa di lapangan, stadion, pesertanya sesuai dengan daya tampung,” jelasnya.

Untuk izin, dijelaskan Johar, surat harus ada tembusan, yakni ke KPU, Bawaslu dan Kepolisian, paling lambat satu hari sebelumnya, tetapi pihaknya menghimbau lima hari sebelumnya.

“Jam pelaksanaan kampanye yakni jam 09.00-18.00, itu PKPU no.23. Pasal 43,” pungkasnya Johar. (Agi)

Komentar on Facebook

Artikel Terkait

Lihat Berita Lainnya

Close
Back to top button
Close