BeritaCirebon

Belasan Tahun, Yayasan Dari Jakarta Bantu Ritulahu Warga Kota Cirebon

Foto: Ketua YANU meninjau Rutilahu di Kampung Kriyan Barat

INFOCRB.COM, CIREBON.- Meskipun tidak pernah terkspose di berbagai pemberitaan, tanpa diketahui oleh banyak pihak, Yayasan Amal Nusatan Utama (YANU) Jakarta ternyata sudah berbuat banyak untuk Kota Cirebon, salahsatunya dengan terus konsisten memberikan bantuan kepada masyarakat yang memiliki rumah tidak layak huni (Rutilahu).

Sampai saat ini, dari informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, yayasan tersebut sudah berhasil memberikan tempat tinggal yang layak bagi 12 warga Kota Cirebon.
Kamis (12/9), sejumlah wartawan berkesempatan mengikuti kunjungan yang dilakukan pihak yayasan ke beberapa titik rumah yang sudah selesai dibangun, salahsatunya ada di RW 17 Kriyan Barat, Kelurahan Pegambiran.

Meskipun awalnya sedikit enggan untuk diwawancarai, Ketua Yayasan Amal Nusatan Utama Jakarta, Emilia Limardo Effendi mengungkapkan, hal yang ia lakukan, melalui yayasan yang dipimpinnya adalah bentuk rasa syukur, serta kepedulian sosial yang dilakukannya selama ini.
“Saya seakan tergerak hati sendiri, bukan dari siapa-siapa atau karena apa, apa yang saya miliki harus dibagikan dengan orang lain,” ungkap Emilia.

Meskipun bukan pribumi asli, namun sang suami yang merupakan warga Cirebon membuatnya mulai mencintai Kota Wali.

“Saya dari Jakarta, tetapi suami saya asli Cirebon, dan untuk berbagi, saya tidak perlu mencari tempat harus dimana dan kapan, selama saya bisa, bahkan jika harus hari ini ya saya lakukan,” kata Emilia.

Untuk mendistribusikan bantuan berupa Rutilahu, Yayasan Amal Nusatan Utama (YANU) Jakarta tersebut biasanya memiliki tim internal di berbagai daerah, untuk kemudian melakukan pendataan dengan berkoordinasi dengan Dinas Sosial setempat.

“Ada tim sendiri, setiap rumah kita berikan bantuan tergantung kondisi rumahnya. Hal ini kita akan lanjut dan terus, tidak akan berhenti, doakan saja, saya tidak ingin ribet dalam membantu, tim saya survey, sudah kasih tahu saya, jalankan,” ujar Emilia.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cirebon, Iing Daiman menuturkan, dengan kehadiran Yayasan Amal Nusatan Utama Jakarta bisa sedikit membantu permasalahan di Kota Cirebon. Ia pun berharap semoga banyak yayasan yang sama dalam membantu masyarakat yang masih berada digaris angka kurang mampu. 


“Saya mengajak kepada seluruh Yayasan untuk tidak menyalah gunakan amanah bagi masyarakat terutama bagi yang membutuhkan. Saya mewakili pemerintah Kota Cirebon menghaturkan terima kasih kepada bu Emil yang sudah secara tulus membantu masyarakat Kota Cirebon selama 15 tahun terakhir,” pungkasnya.  (Agi)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close