Besok, Pasar Dadakan Bima Buka Kembali

oleh -71 views

Foto : Kawasan Stadion Bima

INFOCRB.COM, CIREBON.- Kawasan Stadion Bima Kota Cirebon, mulai Minggu (1/11/2020) sudah dibuka kembali untuk pasar dadakan mingguan. Hal tersebut diungkapkan Kepala Satpol-PP Kota Cirebon, Edi Siswoyo.

“Sudah boleh dilaksanakan (Pasar Dadakan Bima) selamat berdagang,” jelas Edi.saat dikonfirmasi melalui aplikasi pesan elektronik, Sabtu (31/10/2020).

Edi berpesan, dalam beraktifitas pedagang maupun warga harus tetap memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan.

“Semoga rejeki berlimpah dan tetap memakai masker, jaga jarak siapkan cuci tangannya,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, pembatasan aktifitas di Kota Cirebon dalam rangka pencegahan virus corona sudah dicabut oleh Wali Kota Cirebon pada 27 Oktober 2020 lalu.

Aktivitas dagang, perkantoran dan perekonomian di Kota Cirebon kembali berjalan normal. Namun pelaku usaha diminta untuk terlebih dahulu menandatangani gentlemen’s agreement dengan Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian Covid-19 Kota Cirebon. Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nahsrudin Azis, usai Rapat Evaluasi Penerapan Pembatasan Aktivitas Masyarakat Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di ruang Adipura Kencana, Balaikota Cirebon. “Pembatasan aktifitas masyarakat dicabut,” ungkap Azis, Senin (26/10/2020) lalu.

Sebelumnya, dalam rangka menindaklanjuti surat edaran Walikota Cirebon nomor: 443/ 1470-ADM. PEM.UM tentang pembatasan aktivitas masyarakat dalam rangka pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19 di Kota Cirebon, kegiatan pasar dadakan yang ramainsetiap Minggu pagi pun ditiadakan untuk sementara waktu.

Untuk memastikan ketentuan tersebut dilaksanakan, Minggu (11/10/2020) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan penjagaan ketat di semua akses masuk menuju komplek olahraha Bima.

Pedagang yang berusaha masuk sekitar kawasan komplek Stadion Bima pun dihalau petugas Satpol PP dan Satlinmas, mereka diminta untuk kembali dan sementara tidak membuka lapak seperti biasa.

Dari pantauan, puluhan personel Satpol PP dibantu Satlinmas terlihat berjaga disekitar pintu masuk area komplek stadion Bima, puluhan warga yang hendak masuk pun disekat dan diinterogasi.

Sekretaris Satpol PP Kota Cirebon, Buntoro Tirto mengungkapkan, pihaknya menindaklanjuti kebijakan pembatasan aktifitas dengan rutin melakukan penyisiran sejumlah tempat, terutama di malam hari saat semua aktifitas harus diberhentikan mukai pukul 21.00 WIB.

Termasuk pasar dadakan Bima yang berpotensi menimbulkan keramaian dan kerumunan, pihaknya juga pelakukan pencegatan di pintu masuk, karena menurut ketentuan dalam SE, pasar dadakan Bima harua ditiadakan sementara selama kebijakam diterapkan.

“Pembatasan atau penghentian kegiatan pasar dadakan ini adalah upaya penegakan kebijakan pembatasan aktivitas ditengah situasi pandemi Covid-19,” ungkap Buntoro. (Pey)

Komentar on Facebook

Tentang Penulis INFOCRB

Gambar Gravatar
Digital Media Informasi & Hiburan