BeritaCirebonPolitik

Biaya Untuk Peserta Kampanye Terbuka Dibatasi, Ini Besarannya

INFOCRB.COM, CIREBON.- Tahapan Pemilu serentak 2019 akan memasuki masa kampanye terbuka pada 24 Maret hingga 13 April 2019 mendatang.

“Jadwal memasuki kampanye terbuka itu menurut jadwal akan dimulai 24 Maret sampai 13 April, tetapi berdasarkan PKPU, harus mempertimbangkan kampanye Pilpres dan DPR-RI. Petunjuknya sudah kita terima dari KPU RI, hanya saja, saat ini sedang kami olah,” terang Ketua KPU Kota Cirebon, Didi Nursidi, Selasa (12/3/2019).

Setelah petunjuk pelaksanaan yang ada dimatangkan oleh KPU, lanjut dia, maka sebelum memasuki masa kampanye terbuka, KPU tentu akan mengundang Parpol peserta Pemilu dan mensosialisasikan aturan main yang ada.

“Dalam waktu dekat yakni dua tiga hari kedepan kita akan undang Parpol untuk mengumumkan hasilnya, tetapi untuk lokasi, yang sudah direkomendasikan itu tiga titik, lapangan Kebon Pelok dan Kesenden, ditambah lapangan Madya Bima,” ungkapnya.

Menurut Diri, dari peraturan yang ada dalam kampanye terbuka, hal yang harus menjadi perhatian setiap parpol yakni dalam hal administrasi.

Didi menjelaskan, KPU sudah menyusun aturan main berbentuk SK yang didasarkan kepada PKPU nomor 23/2018 tentang kampanye, ditambah Perwali 35/2018 tentang standar biaya belanja daerah, bahwa untuk kampanye terbuka, KPU membatasi pembiayaan.

“Nanti kita juga akan sampaikan, bahwa untuk biaya peserta kampanye, snack maksimal Rp 14 ribu, makan maksimal 38 ribu dan transport maksimal Rp 125 ribu, dengan catatan, semua biaya tersebut tidak diberikan dalam bentuk fresh money, nanti Bawaslu yang akan mengawasi, seperti itu,” jelas Didi. (Agi)

Komentar on Facebook

Artikel Terkait

Lihat Berita Lainnya

Close
Back to top button
Close