Cegah Genangan, Trotoar Baru Jalan Siliwangi Per-Empat Meter Ada Bak Kontrol

oleh -35 views

Foto : Revitalisasi trotoar Jalan Siliwangi

INFOCRB.COM, CIREBON.- Kondisi drainase di sepanjang Jalan Siliwangi yang sedang diperbaiki, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cirebon memperkirakan bahwa kondisi drainase di ruas jalan perkotaan lain pun tak jauh beda.

Sebagaimana diketahui, saat dibongkar pada pelaksanaan proyek penataan trotoar dan normalisasi drainase yang saat ini tengah digarap, DPUPR menemukan kondisi drainase yang sangat mengkhawatirkan.

Ruang saluran drainase yang hanya memiliki diameter sekitar satu meter hampir secara keseluruhan tertutup sedimentasi yang sangat tinggi.

“Kami bongkar total ini drainase, kami benahi, per empat meter ada bak kontrol dan per delapan meter ada sumur resapan,” ujar Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Kota Cirebon, Wadi.

Menurutnya, dengan jumlah tersebut akan memudahkan pemeliharaan, dapat mengontrol ketika ada genangan dan rutin memeriksa sedimentasi.

“Ini memudahkan kontrol, jika ada masalah genangan kita langsung lihat apa penyebabnya,” ujar Wadi.

Senada, Kepala DPUPR Kota Cirebon, Syaroni ATD MT mengungkapkan, karena saat turun hujan Kota Cirebon, terutama di jalan protokol sering terjadi genangan, maka normalisasi drainase akan menjadi prioritas kedepan.

“Melihat kondisi drainase di Jalan Siliwangi, yang sedimentasinya mencapai satu meter, maka diperkirakan drainase di jalan protokol lain pun sama, maka kedepan kita akan memprioritaskan perbaikan dan normalisasi drainase,” ungkap Syaroni.

Selain itu, di beberapa titik sepanjang drainase di jalan Siliwangi, lanjut Syaroni, ada titik-titik sumur resapan yang dibuat untuk membantu meresapkan air hujan ke tanah.

Dijelaskan Syaroni, drainase di sepanjang Jalan Siliwangi, dan sebagian Jalan Kartini dinormalisasi, sedimentasi tinggi yang menimbun sepanjang saluran diangkat agar bisa berfungsi normal.

“Saat ini masih proses normalisasi drainase, utamanya membersihkan sedimentasi, di beberapa titik ada sumur resapan, jadi air masuk ke drainase ada sebagian air yang diresapkan ke tanah,” jelas Syaroni. (Pey)

Komentar on Facebook

Tentang Penulis INFOCRB

Gambar Gravatar
Digital Media Informasi & Hiburan