BeritaKota Cirebon 649

Cirebon Pecahkan Rekor Indonesia Makan Nasi Lengko Terbanyak

INFOCRB.COM- Sebanyak 3.337 porsi Nasi Lengko dibagikan kepada warga Kota Cirebon pada hari Sabtu (15/9), Kemarin. Warga Kota Cirebon pun mengikuti kegiatan makan Nasi Lengko bersama yang digelar di sepanjang Jalan Siliwangi, Kota Cirebon. Dengan peserta lebih dari tiga ribu orang, pembagian Nasi Lengko ini  tercatat menjadi rekor makan nasi lengko terbanyak oleh Original Rekor Indonesia atau ORI.

PJ Wali Kota Cirebon Dedi Taufik secara langsung membuka pencatatan rekor ORI hingga ikut makan Nasi Lengko bersama warga Kota Cirebon. Dedi Mengungkapkan kegiatan ini merupakan rangkaian dari hari jadi Kota Cirebon yang ke-649 tahun. “Di sini kita makan bersama karena ini adalah pesta rakyat untuk seluruh warga Kota Cirebon,” ujarnya.

Sekertaris Daerah Kota Cirebon Asep Dedi mengungkapkan Nasi Lengko merupakan makanan Khas Kota Cirebon yang tidak dimiliki daerah lain. Oleh karena itu, dalam rangka pemecahan rekor ini, PJ Wali Kota Cirebon bersama Panitia Peringatan Hari Jadi Kota Cirebon memilih Nasi Lengko untuk diperkenalkan kepada masyarakat luas. “Nasi Lengko cukup dikenal oleh masyarakat termasuk oleh warga daerah lain, tetapi dengan adanya rekor ini bertujuan untuk memperkenalkan Nasi Lengko lebih luas lagi,” ungkapnya.

Selain sebagai salah satu pangan khas Cirebon, penyajian Nasi Lengko yang mudah namun memiliki cita rasa yang lezat juga menjadi alasan PJ Wali Kota Cirebon dan Panitia Peringatan Hari Jadi Kota Cirebon memilih Nasi Lengko untuk pencatatan rekor ORI. Nasi Lengko memang lezat dengan penyajiannya yang hanya perlu mencampurkan tempe goreng, tahu goreng, dan mentimun yang telah dipotong kotak kecil, serta Nasi dan toge, lalu ditaburi dengan kecap.

“Gelaran ini diusung oleh PJ Wali Kota dan Panitia HUT Kota CIrebon dimana kami mencari salah satu ikon Cirebon yang ingin kami angkat dan kami memutuskan nasi lengko dengan rasanya yang khas dan penyajiannya yang mudah,” papar Asep. (Int)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close