BeritaBudayaCirebon

Di Kampung Wisata Seni Kanoman Utara, Wisatawan Disuguhkan Seni Budaya dan Kuliner Khas Cirebon

Foto : Ketua Kampung Wisata Seni Kanoman Utara, Elang Mamat Nurachmat

INFOCRB.COM, CIREBON.- Kampung Wisata Seni  yang berada di RW 10 Kampung Kanoman Utara mulai terasa geliatnya, hal itu dilihat dari semakin intensifnya beberapa kunjungan wisata di kampung yang letaknya berdekatan dengan Komplek Keraton Kanoman tersebut.

Ditemui di sela kesibukannya, Ketua Kampung Wisata Seni Kanoman Utara, Elang Mamat Nurachmat mengatakan, kampung wisata ini tanpa dipoles atau sengaja dibentuk kampung wisata seni, di RW 10 Kanoman Utara sejatinya sudah terbentuk kampung seni, sebab sehari-hari di sini ada latihan gamelan, menari, dan sebagainya. Ia menambahkan, pusat dari kampung seni ini adalah sanggar Kelapa Jajar. Di sanggar ini biasanya penuh oleh siswa saat mempersiapkan perpisahan sekolah.

“Di sini, para siswa biasanya latihan. Kemudian, kadang kita pun bantu ekstrakurikuler di sekolah dengan mengirimkan instruktur ke sekolah tersebut,” katanya, Sabtu (4/1/2020).

Diungkapkannya, di kampung ini para wisatawan bisa menari, belajar menabuh gamelan dengan cepat, hingga melukis topeng.

“Kita memiliki trik bagaimana seseorang bisa belajar menabuh gamelan dengan cepat. Dia bisa belajar lagi kalau memang butuh pendalaman. Kemudian wisatawan juga bisa melukis topeng, bisa menari, mencicipi sirup khas Cirebon yang langka yakni Sirup Pusaka dan masih banyak lagi,” ungkapnya.

Untuk datang ke kampung seni ini cukup mudah, sebab lokasinya yang berada dekat dengan Keraton Kanoman, persisnya tepat di belakang Masjid Agung Kanoman.

Baca Juga:  Teryata Awalnya Nasi Jamblang Itu Tidak Dijual, Begini Sejarahnya

“Jadi wisatawan yang datang ke Keraton Kanoman bisa mampir ke kampung seni ini. Bisa jalan kaki karena lokasinya yang sangat dekat,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya, Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati menyampaikan, komitmen bersama untuk memajukan pariwisata di Kota Cirebon sangat dibutuhkan. Pemerintah daerah (Pemda) tidak bisa berjalan sendiri tanpa adanya peran serta masyarakat.

“Atas nama Pemda Kota Cirebon dan Jawa Barat, kami tentu sangat senang dan berbahagia atas dibukanya kampung wisata dan seni di Kanoman ini,” ungkap Eti.

Pemda Kota Cirebon, lanjut Eti, tetap konsisten melakukan pembenahan dan penataan di berbagai wilayah di Kota Cirebon untuk bisa mendongkrak kunjungan wisatawan.

Namun komitmen dari Pemda Kota Cirebon saja menurut Eti tidak cukup. “Karena komitmen dari masyarakat juga dibutuhkan,” ungkap Eti.

Contoh yang paling kecil saja menurut Eti yaitu bersama-sama menjaga kebersihan di lingkungan. Karena dengan lingkungan yang bersih, siapa pun akan tertarik untuk berkunjung ke Kota Cirebon. Karenanya, Pemda Kota Cirebon akan berupaya untuk mendorong pembukaan destinasi wisata juga dilakukan di tempat lainnya, namun masyarakat diharapkan ikut berperan serta.

“Agar nantinya tidak sebatas seremoni belaka,” ungkap Eti. (Pey)


Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close