Di RSIA Cahaya Bunda, 6 Bayi Perempuan Lahir Tepat di Hari Kartini

oleh -2 views

Foto : dr Yasmin Dermawan

INFOCRB.COM, CIREBON.- Memilih tanggal lahir saat ini sudah menjadi bagian dari pilihan hidup bagi sebagian orang. Ibu hamil yang sudah masuk masa Hari Perkiraan Lahir (HPL) dapat saja memilih tanggal melahirkan selagi aman dari sisi medis.

Di hari Rabu 21 April, bertepatan dengan peringatan Hari Kartini, sedikitnya ada 6 bayi yang lahir di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Cahaya Bunda.

Selain hari yang istimewa, di Hari Kartini juga, enam yang dilahirkan tersebut berjenis kelamin perempuan.

Sebagaimana diketahui, Raden (RA) Kartini Djojo Adhiningrat merupakan pejuang emansipasi wanita. Sejak tahun 1964, setiap tanggal 21 April ditetapkan sebagai Hari Kartini.

Dokter spesialis kandungan dan kebidanan RSIA Cahaya Bunda Cirebon, dr. Yasmin Dermawan mengungkapkan, di Hari Kartini ini, pihaknya menangani enam pasien ibu melahirkan, dan ke-enam bayi yang dilahirkan berjenis kelamin perempuan.

“Iya hari ini adalah Hari Kartini, di rumah sakit kami, ada enam bayi lahir berjenis kelamin perempuan,” jelas dr Yasmin.

Menurut dr Yasmin, dari enam bayi yang lahir tersebut, lima diantaranya melahirkan secara terencana, dan satu ibu melahirkan tidak direncanakan namun adanya kendala medis, maka tindakan sesar dipilih dokter untuk penanganannya.

“Lima ibu melahirkan secera sesar yang telah direncanakan dan satu ibu lagi sebenarnya ingin normal tapi ngga maju dan ketuban sudah pecah 14 jam. Jadi dilahirkan secara sesar juga,” ungkapnya.

Baik ibu maupun bayinya, lanjut dr Yasmin, secara medis sudah memenuhi kriteria dalam usia kehamilan. “Pasien ibu melahirkan ini kalau dari usia kehamilan sudah 37 sampai 40 minggu, artinya sudah memenuhi kriteria secara medis untuk melahirkan secara sesar, aman secara medisnya,” ucapnya. (Pey)

Komentar on Facebook

Tentang Penulis INFOCRB

Gambar Gravatar
Digital Media Informasi & Hiburan