BeritaCirebon

Diguyur Hujan Deras, Genangan Banjir Terjadi di Sejumlah Titik di Kota Cirebon

Foto : Pusdalops KPBD Kota Cirebon

INFOCRB.COM, CIREBON.- Hujan deras yang mengguyur Wilayah Kota Cirebon lebih dari 3 jam berdampak genangan air dan banjir cukup serius di sejumlah titik di Kota Cirebon, Senin (13/1/2020)

Pantauan Infocrbcom, genangan cukup tinggi terjadi di titik langganan genangan air, dan genangan yang cukup tinggi yakni di wilayah Perumnas dan sekitarnya. Bahkan, ada yang cukup serius yakni di wilayah Kampung Kalijaga RT 07 RW 03. Tim SAR gabungan turun mengevakuasi warga dengan perahu karet.

Salah seorang warga setempat, Vina (32) mengatakan, hujan sejak sore hari dan air Sungai Cikalong mulai naik sejak sore hari tepatnya pada pukul 17.00 WIB. Melihat kondisi tersebut, dirinya beserta keluarga langsung ambil tindakan mengungsi di rumah salah satu warga disekitar lokasi yang tidak terendam banjir.

“Betul, tadi air mulai naik jam lima sore, air sudah naik saya sama keluarga langsung mengungsi di tetangga yang rumahnya gak kebanjiran,” kata Vina.

Wali Kota Cirebon dan perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) meninjau langsung lokasi banjir di Kampung Kalijaga.

Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis saat mengatakan, luapan Sungai Cikalong terjadi sejak pukul 17.00 WIB, disebabkan oleh sungai yang tidak dapat menampung debit air dari hulu.

Baca Juga:  Tingkatkan Kesadaran Membayar Pajak, Polres Cirebon Kota Gelar Operasi Kendaraan

Mendengar kabar tersebut dirinya langsung melakukan koordinasi dengan BPBD dan PMI Kota Cirebon untuk segera mensiagakan anggota untuk mengevakuasi warga di dua RT di RW 3 Kelurahan Kalijaga.

“Air mulai naik itu jam lima sore tadi dan saya langsung berkoordinasi dengan BPBD dan Forkopimda agar bersiaga mengevakuasi warga,” ujarnya.

Dikatakan Azis, saat ini warga yang rumahnya terendam banjir dievakuasi di rumah warga yang masih di satu RW yang bersedia dijadikan tempat evakuasi sementara warga yang rumahnya terendam banjir.

“Warga yang rumahnya terendam banjir saat ini sudah dievakuasi di rumah warga yang berada di sekitar lokasi banjir yang bersedia memberikan tempat evakuasi sementara,” ujarnya.

Menanggapi bencana banjir, pemerintah Kota Cirebon akan mempersiapkan dapur umum yang akan disiapkan untuk membantu warga yang rumahnya terendam banjir.

“Besok (Selasa pagi) kami akan siapkan dapur umum untuk membantu warga yang rumahnya terendam banjir,” terangnya.

Selain itu, dirinya pun telah memerintahkan Dinas Damkar Kota Cirebon untuk dapat membersihkan lumpur hasil luapan sungai cikalong di jalan pramuka dan pemukiman warga di RT 7 RW 3 Kelurahan Kalijaga.

“Besok damkar sudah diminta untuk membersihkan jalan dan pemukiman warga dari lumpur pasca banjir,” jelasnya. (Pey)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close