Berita

Ditpolair Kirim Personel Bantu Evakuasi Lion Air JT 610

INFOCRB.COM, CIREBON- Insiden jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta – Pangkal Pinang, yang mengalami kecelakaan di perairan perbatasan Karawang – Bekasi setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, (29/10/2018), turut menyita perhatian masyarakat Indonesia.

Melalui perintah Direktorat Polair Jawa Barat, Kasat Patroli Polair mengirim bantuan personel SAR dan Rescue nya untuk membantu proses evakuasi di perairan sekitar perbatasan Karawang – Bekasi yang menjadi titik lokasi jatuhnya pesawat tersebut. Melalui AKBP Didit Eko Herawanto selaku Kasat Patroli Polair Jawa Barat, ia memberikan keterangan sebelum persiapan pemberangkatan Tim SAR dan Rescue dari Polair Cirebon, jalan Kapten Samadikun, kota Cirebon (29/10).

“Rencana perintah datang dari Ditpolairud Jawa Barat, untuk itu kita kirim personel SAR dan Rescue ke Karawang,” kata Didit.

Tim yang dikirim lewat darat melalui rute Pakis dan personel rute laut yang nanti langsung menuju titik koordinat yang berada di Tanjung, Karawang, Jawa Barat. Nantinya setelah di TKP mereka akan berkoordinasi dengan pihak Basarnas pusat selaku pemegang kontrol utama dalam evakuasi, posisi personel yang dikirim statusnya merupakan backup dari tim evakuasi yang sudah lebih dulu berada di sana.

Baca Juga:  AKB Menggelora, Sektor Pariwisata Mulai Ancang-ancang untuk Normalisasi

“Sebanyak 41 personel yang kita kirim melalui darat dan laut, secara bergelombang dengan 3 shift, untuk menjaga kondisi pasukan juga karena posisi kita sebagai backup”, lanjutnya.

Peralatan yang dibawa melalui darat diantaranya yaitu 2 kapal Rigit Invatable Boat (RIB), 2 Rubber, 5 peralatan selam dan 8 tabung. Sedangkan peralatan yang di laut adalah 2 kapal tipe C2 yang langsung diberangkatkan melalui pelabuhan Cirebon.

“Peralatan yang dibawa dari darat yaitu 2 kapal Rib yang ditarik oleh mobil, 2 rubber, 5 peralatan selam dan 8 tabung. Selain itu, kita kirim 2 kapal C2 yang nanti akan bergabung dengan Tim Basarnas pusat untuk membantu proses evakuasi,” pungkasnya. (Tgr)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close