DLH Sebut TPA Kopiluhur Overload Tiga Tahun Lagi

oleh -29 views

Foto : Kepala DLH// Humas Pemda Kota Cirebon

INFOCRB.COM, CIREBON.- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon menyatakan bahwa Tempat Pembuatan Akhir (TPA) sampah di Kopiluhur Argasunya, Harjamukti dalam waktu tiga tahun ke depan akan mengalami overload atau kelebihan beban

“TPA di Kopiluhur tiga tahun mendatang sudah sangat penuh,” ungkap Kepala DLH Kota Cirebon, Kadini saat ditemui usai acara peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun 2021 di Alun-alun Kejaksan, Minggu (6/6/2021).

Agar hal tersebut dapat diminimalisir, menurut Kadini, pemilahan sampah harus dilakukan dari tingkat RT dan RW. “Untuk mengurangi sampah ke TKP kami melakukan pemilahan sampah dan daur ulang dari tingkat RT,” ungkapnya.

Dengan hal tersebut, lanjut Kadini, usia TPA Kopiluhur lebih panjang lagi. Dikatakannya, saat ini ada 70 RW se-Kota Cirebon sudah terbentuk program bank sampah untuk pemilahan sampah. “Tahun ini kami menargetkan 100 RW sudah memiliki program bank sampah,” jelasnya.

Sampah, kata Kadini, kalau tidak dipilah dari tingkat rumah tangga, semua langsung ke TPA. “Luas TPA itu 14 Hektar, dalam satu hari Kota Cirebon menghasilkan 350 ton sampah, kalau semua langsung ke TPA, maka bisa overload,” ucapnya. (Pey)

Komentar on Facebook

Tentang Penulis M Hasan Hidayat

Gambar Gravatar
Pencari Berita Wilayah Cirebon Kota