BeritaCirebon

DPUPR : Pohon di Jalan Siliwangi-Kartini yang Ditebang Akan Diganti dan Ditata

Foto : Dokumentasi

INFOCRB.COM, CIREBON.- Pemotongan sejumlah pohon di sepanjang Jalan Siliwangi dan sebagian Jalan Kartini terus dilakukan, hal tersebut merupakan bagian dari pekerjaan proyek penataan trotoar dan normalisasi yang tengah digarap Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR).

Hingga saat ini, pohon disisi bagian barat Jalan Siliwangi sudah hampir setengahnya ditebang petugas.

“Tidak semua dipotong, rencana kami potong hanya 205-an pohon, tapi nanti kami ganti,” ujar kepala DPUPR Kota Cirebon, Syaroni.

Selesai pekerjaan, lanjut Syaroni, penggantian pohon yang ditebang juga akan diikuti oleh penataan, dimana jarak antar pohon, hingga jenis pohon yang ditanam akan diatur menyesuaikan dengan kondisi Jalan Siliwangi guna menambah estetika kota, terlebih Jalan Siliwangi dan Kartini merupakan jalan protokol utama di Kota Cirebon.

Baca Juga:  Badai Ferdinand, Waspada Potensi Hujan Lebat 25 Februari Sampai 2 Maret 2020

“Nanti kita atur jaraknya, kemarin kan kenapa dipotong, posisinya ada yang ditengah, ada yang dipinggir tidak beraturan, nanti kita kasih space,” lanjut Syaroni.

Terkait jenis pekerjaan yang akan dilakukan, dijelaskan Syaroni, dengan anggaran sekitar Rp 11,9 milyar, DPUPR hanya akan melakukan dua pekerjaan, yakni penataan trotoar dan normalisasi drainase.

Kondisi trotoar di jalan Siliwangi dan Kartini, kata Syaroni, beberapa bagian rusak parah sehingga memerlukan perbaikan.

Sedangkan kondisi drainase dibawahnya, endapan dan sedimentasi sangat tinggi hingga satu meter, sehingga memerlukan normalisasi menyeluruh agar saluran drainase perkotaan bisa kembali normal.

“Karena anggaran terbatas, tidak sampai ke ducting dulu, tapi kita sesuaikan dengan anggaran yang ada, yang utama dulu trotoar dan nornalisasi drainase,” jelas Syaroni. (Pey)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close