DPUPR Sebut Perbaikan Jalan Harus Didukung Kebijakan Anggaran

oleh -20 views

Foto : Humas Pemda Kota Cirebon

INFOCRB.COM, CIREBON.- Kondisi jalan di Kota Cirebon dapat terus membaik jika didukung oleh kebijakan anggaran, baik pembangunan maupun pemeliharaannya. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cirebon, Syaroni.

“Kami tidak bisa melakukan perbaikan jalan kalau tidak bisa didukung oleh kebijakan anggaran,” ungkapnya.

Dikatakan Syaroni lebih lanjut, infrastruktur ini kembali pada kebijakan anggaran, saat ini anggaran terbatas. Kalau ada, pasti akan dilaksanakan.

“PU saat ini kegiatannya hanya pemeliharaan, tapi itu juga terbatas hanya menambal yang berlubang saja, semua perbaikan kami lakukan bertahap,” jelasnya.

Syaroni mengatakan, perbaikan jalan harus dibarengi dengan ketaatan pengguna jalan, khususnya soal kelas jalan. “Jangan sampai jalan kelas tiga tapi dilewati kendaraan-kendaaraan kelas satu ya bisa hancur juga. Bukan hanya persoalan memperbaiki jalan, tapi disitu juga, kendaraan yang lewat harus sesuai kondisi jalannya,” ucapnya.

Diakuinya, jalan di Kota Cirebon yang membutuhkan perbaikan cukup banyak, di antaranya wilayah selatan Cirebon atau masuk ke Kelurahan Argasunya. “Jalan Pramuka, Sumurwuni, Cibogo, termasuk juga di dalam kota ada yang butuh perbaikan. Wilayah selatan itu kerusakannya hanya bisa diperbaiki melalui perbaikan jalan yang menyeluruh,” ujarnya.

Menurutnya, adanya penyesuaian anggaran di Dinas PUPR sendiri pada 2021 ini mencapai Rp18,7 miliar, yaitu penyesuaian pertama mencapai Rp 11,9 miliar dan penyesuaian yang kedua mencapai Rp 6,8 miliar. “Hal ini membuat kegiatan perbaikan jalan tertunda. Meski anggaran untuk pemeliharaan jalan tidak terlalu signifikan, namun kami upayakan titik-titik yang sering dilintasi masyarakat untuk ditambal,” jelasnya.

Titik-titik ini antara lain di Jalan Cangkring Kecamatan Kejaksan, Jalan Sutomo Kecamatan Kejaksan, juga di Jalan Pronggol Kecamatan Lemahwungkuk. “Tim kami keliling untuk menambal lubang-lubang itu. Kami harapkan masyarakat bisa memahami persoalan ini,” katanya. (Pey)

Komentar on Facebook

Tentang Penulis M Hasan Hidayat

Gambar Gravatar
Pencari Berita Wilayah Cirebon Kota