CirebonVirus Corona

FK UGJ Salurkan 5000 Alat Bantu Tes Swab untuk Dinkes Kabupaten Cirebon

Foto : Lab FK UGJ

INFOCRB.COM, CIREBON.- Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati (FK UGJ) menyalurkan bantuan 5000 unit Viral Transport Medium (VTM) untuk Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon.

Secara simbolis penyerahan bantuan VTM tersebut dilakukan oleh Rektor UGJ Cirebon, Mukarto Siswoyo kepada Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon, dr Enny Suhaeni di Kampus FK UGJ, Rabu (12/8/2020).

Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon menerima bantuan alat pemeriksaan spesimen tersebut dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Badan Penanggulangan Bencana Nasional.

Dengan itu, deteksi kasus Covid-19 pun dapat dilakukan lebih cepat karena pemeriksaan spesimen meningkat dua kali lipat.

“Bantuan yang diberikan sebagai wujud kontribusi FK UGJ dalam memberikan layanan swab test bagi masyarakat di wilayah 3 Cirebon. Sejak masa pandemi Covid-19, FK UGJ telah melayani hampir 10 ribu swab test atau 300 sample dalam sehari,” ujar Ketua Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati (YPSGJ) Cirebon, Dadang Sukandar.

Baca Juga:  Positif Covid-19 di Kota Cirebon Bertambah Satu Orang, OTG yang Bepergian ke Episentrum

Bantuan ini, lanjut Dadang, akan lebih memudahkan FK UGJ dalam melayani masyarakat. Adanya bantuan FK UGJ akan mampu melayani lebih dari 600 swab test. Pihaknya telah menyiapkan SDM untuk mendukung kinerja bantuan tersebut.

“Insya Allah pelayanan akan semakin maksimal. Tentunya akan ditunjang oleh SDM yang berpengalaman dibidangnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon, dr Enny Suhaeni menyampaikan, VTM merupakan media untuk membawa sampel spesime tenggorokan orang yang diswab test. Selanjutnya sampel tersebut dibawa menggunakan VTM ke laboratorium FK UGJ untuk diuji lebih lanjut apakah positif atau negatif Covid-19.

“Kami memang telah bekerja sama dengan FK UGJ dalam uji lab swab test,” ucapnya.

Enny mengatakan, VTM tersebut digunakan untuk membawa sampel spesimen tenggorokan dari pemeriksaan swab test yang tengah digencarkan Pemkab Cirebon. (Pey)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close