BeritaCirebon

Foto e-KTP Bisa Ganti, Warga Antre di Kantor Disdukcapil Kota Cirebon

Foto : Antrean warga di Kantor Disdukcapil

INFOCRB.COM, CIREBON.- Pasca Direktur Jenderal Dukcapil Kementrian Dalam Negeri yang mengeluarkan statemen bahwa foto pada E-Ktp bisa diganti dengan cara yang mudah, masyarakat di Kota Cirebon, yang didominasi oleh kaum hawa berbondong-bondong mendatangi kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) di Jalan Wahidin, Rabu (23/2/2021).

Pihak Disdukcapil menyiapkan pelayanan khusus bagi para warga yang ingin mengubah foto pada E-Ktpnya.

Kepala Disdukcapil Kota Cirebon, Atang Hasan Dahlan mengatakan, ia sudah memperkirakan akan adanya dampak dari statemen Dirjen Dukcapil yang viral tersebut, sehingga pihaknya sengaja menyiapkan pos pelayanan khusus bagi mereka yang ternyata memang didominasi ibu-ibu yang ingin mengubah foto di e-Ktpnya.

“Penggantian foto yang tadinya tidak berhijab menjadi berhijab, atau sebaliknya. Kita memang sudah rencana, jadi ini inisiatif kita,” ungkap Atang.

Pelayanan khusus yang baru dimulai Rabu kemarin itu, lanjut Atang, adalah pelayanan khusus bagi yang ingin merubah data foto, sementara untuk perubahan data-data lain yang ada dalam E-Ktp, tetap harus melalui mekanisme perubahan di bagian pelayanan seperti biasa.

Baca Juga:  Walikota Azis : Kita Berusaha Menanggulangi Genangan


“Setelah uji coba beberapa kali, karena viralnya pa Dirjen juga, dan kemarin banyak yang nanya, kita buka,” ujar Atang.

Sementara ini, dijelaskan Atang, pelayanan khusus tersebut bukan dengan jadwal setia hari Rabu dan Jumat, itupun dimulai pukul 14.00 WIB dengan maksud tidak mengganggu pelayanan rutin lainnya.

Untuk tahap awal, Disdukcapil melakukan test cast, dengan maksud ingin mengetahui bagaimana antusias masyarakat dengan pelayanan tersebut.

Namun ternyata, viralnya statemen Dirjen Dukcapil sudah menyebar, sehingga di hari pertama kemarin antrean masyarakat yang ingin merubah foto pada E-Ktp nya membludak.
Untuk pelayanan tersebut, kata Atang, pihaknya juga sudah menyiapkan, serta memastikan blangko yang dibutuhkan untuk mencetak E-Ktp para pemohon pengganti foto aman.

“Sementara dulu, pengen tahu, membludak tidak, kalau membludak kita bagi sesi, ini pelayanan khusus, jadi foto langsung cetak, langsung jadi, syaratnya fotokopi KK dan KTP asli. Blangko masih ada stok, ini memang perintah Dirjen, untuk melaksanakan itu,” kata Atang. (Pey)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close