Genangan di Sejumlah Ruas Jalan Dinilai Kondisi Tahunan, KPBD : Kami Siagakan Personil

oleh -2 views

Foto : Pusdalops KPBD Kota Cirebon

INFOCRB.COM, CIREBON.- Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Cirebon menyebabkan beberapa ruas jalan tergenang air.

Dari informasi yang dihimpun, setidaknya ada dua ruas jalan yang menjadi titik genangan, yakni di Jalan Terusan Pemuda serta di Jalan Ciptomangunkusumo tepatnya didepan SMKN 2 Kota Cirebon.

Bahkan, banyak pemotor yang memaksa menerobos dan akhirnya menyerah terjebak ditengah genangan air yang mencapai tinggi lutut orang dewasa.

Hingga malam hari, hujan masih turun namun dengan intensitas tidak seperti saat sore hari.

Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kota Cirebon, Khaerul Bahtiar mengungkapkan bahwa sejak hujan mulai turun, pihaknya langsung bersiaga, termasuk saat muncul genangan di beberapa ruas jalan, personil KPBD langsung turun ke lapangan melakukan mitigasi.

“Malam ini sudah relatif terpantau aman, namun informasi dari BNPB Kuningan, hujan di daerah Kuningan masih gerimis,” ungkap Khaerul.

Selama hujan masih turun, lanjut dia, personil KPBD akan terus bersiaga memantau kondisi titik-titik genangan, termasuk memantau kondisi sungai dan titik pantau rawan banjir.

Mengenai kondisi genangan yang terjadi di dua ruas jalan, dijelaskan Khaerul, kondisi tersebut merupakan kondisi yang terjadi rutin setiap tahun pada musim hujan.

“Itu kondisi tahunan yang biasa terjadi di wilayah Cipto dan Terusan Pemuda, akibat daya tampung saluran yang tidak berfungsi secara optimal, dan akibat sedimentasi dalam saluran tersebut, ditambah tingkat sedimentasi di muara yang perlu segera di lakukan normalisasi dan kurasan buangan sedimen,” jelas Khaerul.

Dikatakan Khaerul, upaya antisipasi yang dilakukan KPBD bukan dari aspek teknis penyebab banjir atau genangan, melainkan lebih pada aspek mitigasi serta penanganan terhadap warga terdampak dan kesiap siagaan alat dan peralatan pertolongan untuk mitigasi jika terjadi bencana banjir dan menimbulkan korban.

“Sampai malam ini, dari koordinasi dengan BPBD Kuningan, terpantau dalam kondisi relatip aman, hujan kecil,” kata Khaerul. (Pey)

Komentar on Facebook

Tentang Penulis INFOCRB

Gambar Gravatar
Digital Media Informasi & Hiburan