BeritaCirebon

Gencar Penanaman Pohon Mangrove, DLH : Mangrove Harus Punya “Bapak Asuh”

Foto : Kepala DLH Kota Cirebon, Abdullah Syukur

INFOCRB.COM, CIREBON.- Penanaman pohon mangrove di pantai yang gencar dilakukan berbagai pihak baik komunitas maupun instansi dan perusahaan menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan khususnya wilayah pesisir. Akan tetapi, menurut Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon, pelestarian lingkungan tersebut diharapkan tidak berhenti pada kegiatan menanamnya saja, melainkan harus ada perawatan yang berkelanjutan.

“Saya berharap perusahaan di sekitar pesisir melakukan upaya-upaya (pemeliharaan) mangrove yang sudah ditanam di pantai,” kata Kepala DLH Kota Cirebon, Abdullah Syukur.

Dikatakan Syukur, tanaman ini harus ada pengelolanya. Ia mencontohkan, ada hutan mangrove yang menjadi binaan DLH Kota Cirebon yakni di wilayah Kesunean Selatan.

Baca Juga:  Jaga Kondusifitas di Pemilu dan Pilpres, Polres Majalengka Kumpulkan Pimpinan Parpol

“Seperti binaan kami di Kesunean Selatan, itu ada pembinanya,” ujar Syukur.

Menurutnya, pohon mangrove ini harus intensif dijaga, jadi tidak hanya ditaman, tetapi harus juga dipelihara.

“Kami sifatnya pembinaan, edukasi juga ada, tetapi kembali lagi, harus dibentuk komunitas-komunitas di wilayah tersebut (dekat wilayah yang ditanam mangrove), mangrove ini butuh “bapak asuh”, kami berharap para pengusaha bisa, untuk merawat mangrove yang ada di Kota Cirebon,” ungkapnya. (Pey)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close