BeritaCirebon

Hari Aids Sedunia, KPA Kota Cirebon: Penanggulangan Aids Tanggung Jawab Bersama

Foto: ist

Kementrian Kesehatan dan para mitranya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk meraih sukses mencapai zero HIV Aids pada tahun 2030

INFOCRB.COM, CIREBON.- Hari Aids Sedunia yang diperingati pada 1 Desember, di Kota Cirebon kegiatan peringatannya digelar Senin (2/12/2019).

Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Cirebon menggelar berbagai kegiatan di Stikes Muhammadiyah Kota Cirebon.

Sekertaris KPA Kota Cirebon, Sri Maryati mengatakan, tahun ini Hari Aids mengusung tema Bersama Masyarakat Meraih Sukses.

“Dengan tema tersebut, kami di KPA selalu mencoba untuk mengadvokasi kepada seluruh masyarakat, terutama pihak kelurahan untuk bersama-sama menanggulangi Aids ini menjadi tanggung jawab bersama,” jelas Sri.

Menurutnya, Kementrian Kesehatan dan para mitranya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk meraih sukses mencapai zero HIV Aids pada tahun 2030. Kegiatan ini pula menjadi salah satu komitmen dari Pemerintah Daerah untuk mengakhiri HIV Aids di tahun 2030.

Sri menjelaskan, tujuan kegiatan ini yang pertama yakni meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat agar peduli menjaga kesehatan diri dan keluarga dari HIV Aids, serta menghilangkan stigma dan diskriminasi terhadap ODHA (Orang Dengan Hiv Aids).

Kemudian yang kedua, lanjut Sri, untuk meningkatkan komitmen dari pemerintah dan organisasi peduli Aids terhadap pencegahan dan pengendalian HIV Aids.

“Tujuan yang ketiga yaitu membuka akses dalam pelayanan test dan pengobatan HIV bagi masyarakat dengan melibatkan semua penyedia layanan kesehatan sesuai dengan fungsi dan fasilitas yang dimiliki, sehingga, hak pasien dapat terjamin mendapatkan pelayanan yang berkualitas,” ujarnya.

Sementara itu, mewakili Wali Kota Cirebon, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, dr. Edy Sugiarto menjelaskan, pemerintah Kota Cirebon terus melakukan pencegahan terhadap virus ini, mulai dari hulu tingkat pendidikan SD, SMP, SMA diberikan pemaparan, termasuk calon pengantin dilakukan test untuk screening.

“Semua stakeholder termasul KUA aktif sekali sehingga mereka bisa mencegah. Kalau di kami ada yang namanya layanan konferensif berkelanjutan, Insya Allah dapat meminimalisir jumlah Odha di Kota Cirebon,” katanya. (Pey)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close