CirebonVirus Corona

Hasil Tes Swab Warga Kota Cirebon yang Reaktif Sudah Keluar, Semuanya Negatif

Foto : Istimewa

INFOCRB.COM, CIREBON.- Warga Kota Cirebon yang dinyatakan reaktif dari rapid tes yang dilakukan beberapa waktu terakhir, sudah menjalani tes swab PCR di RSD Gunung Jati dan hasilnya negatif dari paparan virus corona.

“Hasil PCR di RSD Gunung Jati negativ semua Alhamdulillah,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, dr. Eddy Sugiarto melalui grup aplikasi pesan elektronik, Selasa (9/6/2020).

Dikatakan Eddy, setelah tes PCR pertama tersebut, akan ada test lanjutan. Pasalnya, hal itu sesuai protap, sebagai upaya untuk memastikan hasil yang benar-benar tidak meragukan.

“Diulang lagi sesuai protap,” lanjutnya.

Sebelumnya, warga RW 01 dan RW 10 Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon lakukan rapid tes massal.

Berdasarkan pantauan, ratusan warga Kelurahan Panjunan mengikuti rapid tes massal yang hari ini, digelar di SD Pesisir, Kamis (4/6/2020).

Kepala Puskesmas Pesisir, dr. Indrani menjelaskan, hari ini ada sekitar 200 warga yang mengikuti rapid tes massal.

“Khususnya warga yang tinggal di RW 01 dan RW 10,” ungkap Indriani. Rapid tes dilakukan karena ada warga di daerah tersebut yang positif terpapar Covid-19 namun saat ini sudah menjalani perawatan dan isolasi di RSUD Gunung Jati.

Baca Juga:  Polisi Kerahkan Watercanon, Kawasan Sumber Disemprot Dengan Desinfektan

Selain rapid tes, pihak puskesmas juga telah melakukan tes swab untuk keluarga dekat pasien yang terpapar Covid-19. “sudah 5 orang yang kami lakukan tes swab,” ungkap Indriani. Kemungkinan jumlah tersebut bisa bertambah karena pihaknya masih tracing terhadap siapa saja yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19 yang ada di kelurahan Panjunan tersebut.

Sementara itu dr Edy Sugiarto, M.Kes., mengungkapkan saat ini proses rapid tes masih terus berlangsung. Namun dari 157 yang sudah diperiksa, 8 orang reaktif. “Segera dilakukan tes swab untuk warga yang hasil rapid tesnya reaktif,” ungkap Edy. Swab akan dilakukan di RS Gunung Jati, Kota Cirebon. (Pey)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close