Kabupaten Majalengka

HMPS PIAUD Gelar Workshop Mendongeng

INFOCRB.COM, MAJALENGKA-  Himpunan Mahasiswa Program Study (HMPS) Pendidikan & Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Majalengka (Unma) menggelar workshop mendongeng yang digelar di aula kampus setempat, Selasa (13/11/2018).

Narasumber kegiatan itu Kang Didin pendongeng Nasional. Peserta workshop ini diikuti mahasiswa PIAUD FAI UNMA guru PAUD di wilayah Kabupaten Majalengka, mahasiswa Universitas Kuningan, Universitas Sebelas April (Unsap) Sumedang.

Ketua panitia Eka Nur Fitriani mengatakan, kegiatan workshop ini digelar untuk membekali para guru PIAUD dalam mendongeng, karena materi ini menjadi satu kompetensi yang harus dimiliki seorang guru PIAUD.

“Seorang seorang guru PIAUD berbeda dengan guru sekolah lainnya, karena yang dihadapi guru PIAUD adalah anak anak yang butuh perlakuan seyogyanya perlakuan sebuah berlian,”ucapnya.

Masih dikatakan dia, cerita terhadap anak anak itu harus dengan metode dan tata cara yang bisa diterima serta dicerna dengan baik anak didik, jika demikian hal itu sulit diterimanya.Mendongeng untuk anak PAUD, lanjut dia, harus simple, menarik, dan alur cerita harus jelas dengan intonasi yang kenakan kanakan.

Bercerita kepada anak PAUD juga harus sangat hati hati dalam penekanan intonasi, memadukan dengan nada lagu serta suara suara binatang yang menarik perhatian anak itu sendiri.

“Perlu juga referensi cerita yang bervariatif sehingga membuat anak tidak bosan, dalam mendengarkan dongeng tersebut,”jelasnya.

Kepala Program Study PIAUD FAI UNMA Maria Hidayanti yang menjadi pengarah pada acara tersebut memberikan apresiasi kepada HMPS PIAUD.

Rental Mobil Cirebon

“Saya merasa bangga kepada HMPS PIAUD karena dengan kerja keras mereka kegiatan workshop berjalan meriah. Saya berharap kegiatan semacam ini terus berjalan setiap tahunnya dengan tema yang berbeda,”ucapnya.

Salah seorang peserta workshop dari lampung Sinta Dewi mengaku sangat puas dengan materi yang disampaikan narasumber dan tidak menyesal datang jauh membawa pengetahuan mendongeng serta ide ide yang sangat variatif.

“Jujur saja saya tidak sia sia datang dari jauh karena saya sangat puas dengan materi yang disampaikan. Jujur saja materi ini membuka wawasan dalam referensi cerita cerita yang menarik,yang akan saya sampaikan kepada anak didik saya,”imbuhnya. (Ibin)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close