BudayaWisata

Ingin Belajar Sejarah Sekaligus Tamasya? Datang Saja ke Museum Pusaka Keraton Kasepuhan Cirebon

INFOCRB.COM- Sebutan Kota Wali memang sudah melekat pada Kota Cirebon dengan rentetan sejarah penuh pembelajaran dan warisan budaya. Banyaknya kerajaan di Cirebon dan Jawa Barat pada masa lampau menyisakan peristiwa bersejarah dan pusaka-pusaka yang keberadaannya syarat akan makna. Sebut saja seperti Gamelan Sekaten dan Singa Barong yang tak hanya dipandang sebagai sebuah benda tetapi juga warisan berharga yang patut dijaga kelestariannya.

foto/infocrbcom

Oleh karena itu, Cirebon menyimpan benda-benda pusaka di tempat-tempat tertentu salah satunya di Museum Keraton Kasepuhan. Kini, Benda-benda pusaka peninggalan kerajaan di Jawa Barat khususnya Cirebon tersimpan di Museum Keraton Kasepuhan Cirebon. Sultan Sepuh XIV yakni PRA Arief Natadiningrat SE mengungkapkan Museum Keraton Kasepuhan menyimpan benda pusaka era akhir zaman Padjajaran sampai pada era Sultan Sepuh 1.

“Benda pusaka yang ada di Museum ini ada sejak era akhir zaman kerajaan Padjajaran, Panembahan Ratu, Sunan Gunung Jati, Putri Ong Tin, Fatahilah sampai Ke Sultan Sepuh 1.” paparnya

foto/infocrbcom

Di dalam museum yang saat ini tiketnya dibandrol dengan harga 25.000 ini terdapat 2000 benda pusaka yang dipamerkan. Museum Keraton Kasepuhan Cirebon ini didesain dengan nuansa modern yang didomansi warna hitam, emas dan putih serta memanfaatkan material kaca untuk membatasi area pusaka dan pengunjung. Dengan desainnya yang elegan menjadikan Museum Keraton Kasepuhan sebagai museum pertama keraton yang bernuansa modern di Indonesia.

Didesain menjadi tempat yang nyaman untuk pengunjung, Museum Pusaka ini diharapkan dapat terus menarik masyarakat untuk berkunjung agar dapat mempelajari sejarah yang ada di dalamnya. Apalagi selain belajar sejarah, Museum yang berada di area Keraton Kasepuhan Kota Cirebon ini dapat menjadi alternatif tempat untuk rekreasi bersama keluarga, teman, dan kerabat. (Int)

Komentar on Facebook

Rental Mobil Cirebon
Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close