Ini Penjelasan Tim Lab Soal Ribuan Burung Pipit Mati di Balai Kota Cirebon

oleh -470 views

Foto : tangkapan layar video ribuan burung mati di Balai Kota Cirebon

INFOCRB.COM, CIREBON.– Lingkungan Balai Kota Cirebon dihebohkan dengan adanya ribuan Burung Pipit di halaman parkir Gedung Setda dalam kondisi mati

Matinya ribuan burung yang berserakan dekat di bawah pohon itu menyedot perhatian pegawai yang bertugas di Balai Kota Cirebon.

Salah seorang ASN di lingkungan Setda Kota Cirebon, Prasojo Raharjo Utomo mengatakan, burung-burung tersebut memang biasa beterbangan di sekitar Balaikota. “Biasanya burung-burung ini ada di pohon-pohon mungkin mendadak hujan besar, tidak bisa terhindarkan ya jadi berjatuhan,” ucapnya.

Jumlahnya, kata Prasojo, cukup banyak. Dari ribuan burung yang jatuh ini tidak semuanya dalam keadaan mati, ada juga yang masih hidup.
“Ini masih hidup salah satunya, baru kali ini ada ribuan burung mati sekaligus,” ujarnya.

Kemudian, tim dari UPT Pelayanan Veteriner DKPPP Kota Cirebon dan tim dari lab UPTD Balai Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (BKHKMV) sedang meluncuk ke lapangan untuk melakukan penyelidikan.

Ditemui usai menangani burung-burung tersebut, Medis Veteriner DKPPPP Kota Cirebon, Drh Tri Angka menjelaskan, pihaknya telah melakukan tindakan uji sample ke beberapa burung yang mati. “Kami telah uji PCR itu burung, nanti pengujiannya di Bandung, Losari atau Subang,” ucapnya.

Uji tersebut dilakukan, kata Drh Tri, untuk menentukan penanganan apa yang harus dilakukan. “Untuk di Kota Cirebon ini kasus pertama kali, di Jogja di Bali juga sudah ada kejadian seperti ini,” jelasnya.

Prediksi awal, dijelaskannya, mungkin karena perubahan cuaca yang cukup cepat. “Mungkin juga burung kan unggas, bisa aja habis makan tanaman yang mengandung pestisida juga ada kemungkinan, sementara seperti itu,” ungkapnya.

Komentar on Facebook

Tentang Penulis M Hasan Hidayat

Gambar Gravatar
Pencari Berita Wilayah Cirebon Kota