BeritaCirebonVirus Corona

Jaga Jarak! Berakhirnya Pandemi Virus Corona Tergantung Kesadaran dan Kedisiplinan Masyarakat

Foto : Ketua IDI Kabupaten Cirebon, dr. Ahmad Fariz

INFOCRB.COM, CIREBON.- Pandemi virus corona akan berakhir tergantung pada kesadaran dan kedisiplinan masyarakat terhadap physical distancing. Hal tersebut diungkapkan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Cirebon, dr. Ahmad Fariz Malvi Zamzam Zein SpPD MM.

“Pemerintah dengan segala kebijakannya, kesiapan diagnosis di daerah, kesiapan tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan, dan kepatuhan masyarakat adalah kesatuan yang mempercepat selesainya pandemi ini kurangnya kesadaran masyarakat akan memperpanjang lama pandemi, terlepas memicu ledakan atau tidak,” ujarnya.

Dikatakan dr Fariz, physical distancing merupakan dasar pencegahan dan promotif dalam hal kesiapsiagaan di tingkat masyarakat.

Dengan menilai penularan Covid-19 ini melalui droplet pernapasan dan kontak langsung, maka menjaga jarak lebih dari 1-2 meter adalah kunci utama dalam tata laksana COVID-19.

Baca Juga:  Kopi Pekalipan Pamit, Ini Alasannya

“Ini sebenarnya bukan hal baru. Masyarakat di dunia pernah menghadapi pandemi Spanish flu tahun 1918. Pembelajaran dari sejarah tersebut menunjukkan pentingnya kepatuhan dan kepedulian masyarakat untuk physical distancing,” terangnya.

Menurutnya dr Fariz, sulitnya menjaga physical distancing akan mejadi penyulit dalam tata kelola Covid-19 yang dilakukan oleh pemerintah.

“Pemanjangan masa pandemi menjadi salah satu konsekuensinya, dan ini menjadi beban bersama yang berkepanjangan, diperlukan peningkatan kesadaran masyarakat dan ketegasan pemerintah dan aparat untuk pemberlakuan physical distancing dalam rangka memutus rantai penularan Covid-19,” tegasnya. (Pey)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close