BeritaBisnisCirebon

Karyawan Hotel Se-Kota dan Kabupaten Cirebon Bersih-bersih Keraton Kasepuhan

Foto : Bersih-bersih Keraton Kasepuhan

INFOCRB.COM, CIREBON.- Perhimpunan Hotel dan Restoran Republik Indonesia (PHRI) dan Indonesian Hotel General Managet Association (IHGMA) Cirebon menggelar bersih-bersih Keraton Kasepuhan, Jumat (10/1/2020). 200 orang relawan dari seluruh hotel di Kota dan Kabupaten Cirebon tersebut melakukan bersih-bersih dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Indonesia.

Ketua PHRI Cirebon, Imam Reza Hakiki mengatakan, dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Indonesia, seluruh karyawan hotel, baik kota maupun Kabupaten Cirebon serentak melakukan bersih-bersih di salah satu ikon Kota Cirebon yakni Keraton Kasepuhan.

“Mudah-mudahan kegiatan bersih-bersih ini dapat dicontoh oleh pihak lain, karena kami melihat Keraton Kasepuhan ini potensinya dapat menjadi destinasi wisata yang bagus,” ujarnya di sela kegiatan.

Diungkapkan Kiki sapaan akrabnya, kondisi Keraton Kasepuhan saat ini sudah baik, akan tetapi, pihaknya berharap seluruh destinasi wisata khususnya keraton dapat lebih baik lagi dan bersih.

“Agar wisatawan yang datang, jauh lebih puas dan jauh lebih nyaman dalam berwisata,” ungkapnya.

Ditambahkan Kiki, dalam kegiatan tersebut pihaknya menggandeng Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon.

Baca Juga:  Cagar Budaya di Cirebon Dibuat Asri dan Hijau oleh PT. KAI

“Ada beberapa truk yang mengangkut sampah-sampah, mudah-mudahan acara seperti ini dapat berkelanjutan karena sebelumnya juga kami sempat bersih-bersih di pantai, makam pahlawan, ini kami pertama kali di keraton,” kata Kiki.

Sementara itu, Direktur Badan Pengelola Keraton Kasepuhan (BPKK), Ratu Raja Alexandra Wuryaningrat menyambut baik kegiatan dari PHRI dan IHGMA Cirebon melakukan bersih-bersih Keraton Kasepuhan Cirebon.

“Kami mewakili Sultan Sepuh sangat mengapresiasi, karena Keraton Kasepuhan yang luasnya 2,5 hektar harus dalam keadaan bersih. Karena ini tempat wisata, kalau terlihat kotor tidak bagus,” ujarnya.

Menurutnya Ratu Alexandra, Keraton Kasepuhan harus terus dipelihara, karena merupakan situs bersejarah dan ini juga salah satu situs bersejarah di Cirebon.

“Dengan dipelihara, wisatawan yang datang bisa lebih nyaman. Saya harap kegiatan ini bisa ada kelanjutanya, bukan hari saja. Karena dengan luas 2.5 hektar petugas kebersihan kita terbatas, jadi kegiatan ini sangat terbantu sekali,” ungkapnya. (Pey)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close