Kasus Covid-19 di Kota Cirebon Meningkat, Sekda : Sudah Saatnya Tarik Rem Darurat

oleh -72 views

Foto : Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi

INFOCRB.COM, CIREBON.- Tarik Rem darurat, upaya itu akan dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon untuk menekan angka penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat.

“Saat ini kasus positif Covid-19 semakin meningkat, sudah saatnya tarik rem darurat, upaya itu diantaranya dilakukan dengan melakukan pembatasan sesuai dengan instruksi Mendagri No 13 tahun 2021 untuk pelaksanaan PPKM skala mikro, instruksi tersebut segera kami turunkan dalam bentuk surat edaran (SE),” ujar Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi, Rabu (16/6/2021).

Dikatakan Sekda, hasil rapat secara virtual dengan Satgas di tingkat pusat, dimana saat ini pertambahan kasus maupun kondisi RS di semua daerah peningkatannya signifikan, termasuk evaluasi vaksinasi, maka ada beberapa arahan penting yang disampaikan.

“Pusat sudah menentukan arahan, baik untuk provinsi maupun daerah, pertama, melihat analisisnya, kondisi ini sama seperti saat libur natal dan tahun baru, kondisi BOR (Bad Occupancy Rate) meningkat signifikan, sehingga arahannya menambah kapasitas tempat tidur di RS,” ungkapnya.

Menurut Agus, pusat juga memberikan arahan terkait dengan progres vaksinasi, dimana presiden menargetkan se-Indonesia satu juta dosis vaksin bisa disuntikkan setiap harinya, dengan ketentuan pembagian 600 ribu untuk target masyarakat umum dan 400 ribu untuk target TNI-Polri.

“Itu tentu harus disinkronkan dengan percepatan di daerah, kita sepakat, vaksinasi, tidak dibatasi lansia, tapi semua umur,” ujar Agus.

Ia mengatakan, pemerintah pusat melalui Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah menerbitkan Interuksi Mendagri (Inmendagri) nomor 13 tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM Berbasis Mikro yang harus ditindak lanjut daerah dengan kembali menerapkan PPKM mikro di tingkat Desa atau Kelurahan.

Bahkan cakupannya diperluas, jika dulu PPKM hanya untuk Jawa dan Bali saja, saat ini melalui Inmendagri, PPKM akan dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia.

“Mendagri mewacanakan, PPKM mikro untuk semua wilayah tanpa terkecuali,” ucapnya. (Pey)

Komentar on Facebook

Tentang Penulis M Hasan Hidayat

Gambar Gravatar
Pencari Berita Wilayah Cirebon Kota