Kelurahan Drajat Deklarasi ODF, Siap Wujudkan Kelurahan Bebas BAB Sembarangan

oleh -5 views

Foto : Deklarasi ODF di Kantor Kelurahan Drajat

INFOCRB.COM, CIREBON.- Kelurahan Drajat, Kecamatan Kesambi menyatakan siap menuju kelurahan STBM (Sanitasi Total berbasis Masyarakat).

Hal tersebut ditegaskan melalui deklarasi ODF (Open Defecation Free) bersama pihak terkait di kantor kelurahan setempat, Kamis (15/4/2021).

STBM adalah pendekatan untuk mengubah perilaku higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan. Sedangkan Pilar STBM adalah perilaku higienis dan saniter yang digunakan sebagai acuan dalam penyelenggaraan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Lurah Drajat Wati Sulastri, SSTP mengatakan, Kelurahan Drajat sudah melakukan deklarasi siap ODF. “Deklarasi ini merupakan bagian dari tujuan bahwa Kota Cirebon memiliki 100 persen akses jamban sehat,” kata Wati didampingi Sekertaris Lurah Drajat, Wawan Gunawan.

Dikatakan Wati, pihaknya mengajak seluruh warga Kelurahan Drajat untuk bersama-sama mewujudkan 100 persen jamban sehat dan selalu menggunakannya, kemudian siap untuk menuju kelurahan STBM dengan capaian empat pilar. “Pilar tersebut yakni cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga, dan pengelolaan limbah cair rumah tangga,” ujarnya.

Sejalan dengan itu, lanjut Wati, Kelurahan Drajat juga siap mempertahankan dan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk meningkatkan derajat Kelurahan Drajat. “Bersama Pokja kelurahan, kami siap wujudkan Kota Cirebon Sehat,” tegasnya.

Terkait warga Kelurahan Drajat yang belum bebas Buang Air Besar (BAB) sembarangan, Wati menjelaskan, warga di RW 01, 09, 06 ada sebagian yang belum bebas BAB sembarangan. “Hanya warga yang daerah pinggir kali Suba, itu tidak terlalu banyak 100 orang kurang lebih, kita sudah 89 persen yang sudah buang air besar di tempatnya. Insya Allah kami siap ODF 100 persen, dan hari ini kelurahan kami mendeklarasikan itu,” pungkas Wati. (Pey)

Komentar on Facebook

Tentang Penulis INFOCRB

Gambar Gravatar
Digital Media Informasi & Hiburan