BeritaKomunitas

Kementrian Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia Dukung Ekspresi Seni Media di Ruang Publik

INFOCRB.COM, CIREBON- Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menggelar eksibisi dan pagelaran seni bertakjub Pendukungan Ekspresi Seni Media di Ruang Publik pada Sabtu (20/10). Restu Gunawan selaku Direktur Kesenian mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk mendukung perkembangan Seni Media atau seni berbasis teknologi di Indonesia yang semakin berkembang.

“Digitalisasi terhadap seni akan terus berkembang. Dan ini tentunya akan menjadi tren. Oleh karena itu kami ingin mendukung para pelaku seni media agar tampil di depan publik untuk memperkenalkan diri kepada masyarakat khususnya kaum milenial,” paparnya.

Digitalisasi memang merambah segala bidang termasuk seni. Untuk itu Restu Gunawan berpesan kepada generasi muda agar dapat sadar dan tahu akan pemanfaatan teknologi ke arah yang positif. Direktur Kesenian Kemendikbud RI itu juga mengungkapkan perpaduan antara seni dan teknologi tidak menyalahi kearifan suatu seni. Sebaliknya kolaborasi antara keduanya dapat meningkatkan minat generasi muda terhadap seni tradisi dan budaya lokal.

“Mengingat urban yang terus meluas. Masyarakat lebih tertatik kepada modernisasi. Kesenian yang tradisional, tradisinya tentu tetap kita lindungi. Akan tetapi kreativitas tidak bisa dibendung dan di sini kami ingin kembangkan seni media untuk kapitalisasi dan mendukung kreativitas generasi muda,” ujarnya.

Selain Restu Gunawan, Kasubdit Seni Media Direktorat Kesenian Kemendikbud RI, yakni Tubagus Sukmana juga memaparkan gelaran Pendukungan Ekspresi Seni Media di Ruang Publik ini. Tubagus Sukmana mengungkapkan kegiatan yang melibatkan seniman-seniman media itu diadakan di empat kota yakni Lombok, Cimahi, Cirebon, dan Purwakarta. Khusus di Cirebon, kegiatan Ekspresi Seni Media di Ruang Publik bekerjasama dengan Rumah Kreatif Wajiwa, Komunitas Robotic Cirebon, dan Komunitas WPAP.

Selain tiga komunitas ini, ditampilkan juga demo dari Kendang Seni Media, Kendang tradisional yang cara memainkannya menggunakan teknologi berbasis Arduino. Tubagus Sukma mengungkapkam Pendukungan Ekspresi Seni Media di Ruang Publik merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan memberikan ruang serta menumbuhkan minat dan apresiasi masyarakat terhadap Seni Media.

“Kegiatan ini diselenggarakan di empat Kota dan kami berterimakasih karena di Cirebon kami dapar bekerja sama dengan tiga komunitas serta Grage Group untuk menyelenggarakan Pendukungan Ekspresi Seni Media di Ruang Publik,” ungkapnya.

Ikut bekerjasama dalam Pendukungan Seni Media di Ruang Publik, Ratu Sukmayani atau yang kerap disapa Yani selaku Managing Director Grage Grup mengungkapkan Grage Grup sangat menyambut baik kedatangan para seniman media di Grage City Mall untuk menyelenggarakan Pendukungan Ekspesi Seni Media di Ruang Publik. Yani mengaku Grage Grup justru berterimakasih atas kepercayaan dan memikih Grage City Mall untuk menyelenggarakan Pendukungan Seni Media di Ruang Publik ini.

“Grage city mall sangat menyambut baik dan sangat mendukung kegiatan ini. Semoga Grage City Mall dapat selalu menjadi tmpat untuk mengekspresikan dan menampilkan aktivitas kreatif dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang dari seniman-seniman dan teman-teman komunitas.” (Int)

Komentar on Facebook

Tags

Artikel Terkait

Lihat Berita Lainnya

Close
Back to top button
Close