BeritaCirebon

Kepala Disdukcapil Sesalkan Ada Pungli dalam Pengurusan Administrasi Kependudukan

Foto : Kadisdukcapil Kabupaten Cirebon

INFOCRB.COM, CIREBON – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cirebon, M Syafrudin mengaku kecewa atas tindakan anak buahnya terlebih sampai terjaring oprasi tangkap tangan (OTT) dari Tim Sebar Pungli Polda Jawa Barat, Rabu (24/6/2020) lalu.

Syafrudin mengakui kalau dirinya sudah melakukan konfirmasi dengan Tim Saber Pungli Polda Jabar sebelum melakukan penangkapan terkait proses pencetakan KTP-el.

“Kami menjelaskan kalau sistem daftar online diterapkan karena masa pandemi sesuai protokol kesehatan,” kata dia dihadapan awak media, Jumat (26/6/2020).

Dalam peraturan yang berlaku, dirinya menjelaskan, KTP-el, KK, Akte Lahir dan lainnya bisa diambil masyarakat di masing-masing kantor kecamatan sesuai domisili pengajuan dan kepengurusan pembuatan secara keseluruhan gratis.

Baca Juga:  Posko SAR Batalyon C Pelopor Sat Brimob Polda Jabar Berikan Rasa Aman dan Nyaman Pengunjung Pantai Glayem

Selain itu, pihaknya juga sudah melakukan beberapa langkah inovasi yakni akta online Sistem Data Kependudukan Terpadu (SDKT). Sayangnya, kata Syafrudin, hal itu belum dilakukan oleh bawahannya tanpa sepengetahuan dirinya.

“Pertanggungjawaban bekerja atas perilaku pegawai yang menjalankan pungli akan diberikan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujarnya.

Dirinya menyesalkan adanya kejadian tersebut sehingga membuat ia sebagai pimpinan tidak nyaman atas perilaku bawahannya itu.

“Secara tegas saya katakana, pegawai jangan menghianati tugas pokok dan fungsinya, kecamkan itu baik-baik,” tegasnya. (Arfan)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close