BeritaCirebon

Kolaborasi dengan Kodim 0614 dalam Program BSMSS, Baznas Bantu Rutilahu di Benda Kerep

Foto : istimewa

INFOCRB.COM, CIREBON.- Berkolaborasi dengan unsur TNI di Kodim 0614/Kota Cirebon dalam program Bhakti Siliwangi pola Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) yang dilaksakan di dua titik lokus, yakni RW 11 Benda Kerep Kelurahan Argasunya serta RW 06 Simaja Utara Kelurahan Drajat, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) ikut menyelesaikan persoalan sosial yang ada dengan memberikan bantuan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu).

Proses pembangunan Rutilahu salahsatu warga di RW 11 Benda Kerep dimulai dan ditandai dengan penurunan genteng pertama oleh Dandim 0614/ Kota Cirebon, Letkol Inf Herry Indriyanto, Wali Kota Cirebon yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Sutisna serta Ketua Baznas, M Taufik, Kamis (15/10/2020).

Dandim 0614/ Kota Cirebon, Letkol Inf Herry Indriyanto mengungkapkan bahwa perbaikan Rutilahu merupakan salahsatu rangkaian program BSMSS, dimana dalam hal ini pihaknya bekerjasama dengan Baznas.

“Lanjutan program BSMSS yang beberapa hari lalu dibuka di Makodim, didalamnya ada rutilahu, dan kita dibantu oleh Baznas,” ungkap Herry.

Pada tahap awal ini, lanjut Herry, baru satu rumah yang direnovasi, dan kedepan akan dilanjutkan dengan beberapa proyek fisik lain, seperti pembangunan akses jalan umum.

Baca Juga:  Antisipasi Daging Celeng, Pemkot Cirebon Sidak 2 Pasar Tradisional

“Anggota kita akan dilibatkan dalam pembangunannya, ditarget kurang lebih satu minggu,” kata Herry.

Sesuai dengan tujuannya, yakni memaksimalkan fungsi TNI untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di semua sektor, dijelaskan Herry, pada BSMSS ini ada dua jenis program pembangunan, yakni pembangunan fisik dan non fisik.

Kegiatan fisik, dicontohkan Herry seperti bedah rumah, pengaspalan jalan hingga pembangunan drainase di titik lokus BSMSS.

“Non fisiknya kita adakan penyuluhan-penyuluhan, seperti tentang narkoba dan bahaya Covid-19, BSMSS ini dilaksanakan hingga dua minggu kedepan. Intinya, peran serta TNI meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Herry.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Cirebon, M Taufik menambahkan, kolaborasi dengan Kodim ini menandakan bahwa Baznas terus berkomitmen untuk menyelesaikan persoalan sosial yang ada di masyarakat, sepanjang tidak keluar dari aturan dan syariat tentang asnaf penerima Zakat.

“Ini hasil kolaborasi kita dengan TNI, kita berkolaborasi dalam program BSMSS, kita bantu di pemberian bantuan Rutilahunya. Mudah-mudahan kolaborasi ini bukan yang terakhir, kedepan sinergitas ini akan terus kita tingkatkan,” ungkap Taufik. (Pey)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close