BeritaCirebon

Komisi II DPRD Kota Cirebon Sesalkan Penebangan Ratusan Pohon di Jalan Kartini-Siliwangi

Foto : Dokumentasi

INFOCRB.COM, CIREBON.- Ratusan pohon di Jalan Kartini-Siliwangi ditebang untuk penataan trotoar. Kondisi tersebut dianggap mengurangi penghijauan kota oleh beberapa pihak, salah satunya dari Komisi II DPRD Kota Cirebon.

Ketua Komisi II DPRD Kota Cirebon, Watid Shahriar mengungkapkan, dirinya menyayangkan penebangan pohon tersebut, meskipun untuk kebutuhan penataan trotoar.

“Terlepas dari itu semua (penataan trotoar), sebaiknya kalau (pohon) bisa dipertahankan ya pertahankan,” ujar Watid, Jumat (25/9/2020).

Menurutnya, kondisi saat ini jumlah pohon di Kota Cirebon untuk program hijau itu masih kurang. “Ke depan, jika memang diganti (pohon) itu, pemilihan jenis pohonnya juga harus benar, misalnya yang tidak mudah rontok, tahan panas, rindang, itu kan harus jadi pertimbangan,” jelasnya.

Dikatakan Watid, Kota Cirebon ini butuh oksigen lebih banyak lagi, agar suhu di kota ini setiap harinya lebih nyaman dan tidak terkesan gersang.

“Jadi intinya, penebangan ratusan pohon itu sangat disesalkan, harusnya lebih terencana lagi,” kata Watid.

Sebelumnya, penebangan sejumlah pohon di Jalan Siliwangi dan Jalan Kartini merupakan kebutuhan, karena trotoar di dua jalan protokol tersebut akan ditata oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR). Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Wadi SE.

“Pekerjaan penataan trotoar akan diikuti oleh revitalisasi drainase yang ada dibawahnya, sehingga pohon besar yang menghalangi pekerjaan akan ditebangi,” terangnya, Senin (21/9/2020).

Baca Juga:  Melalui e-Filing, Wajib Pajak Bisa Lapor SPT Tahunan Dimana Saja dan Kapan Saja

Di sepanjang Jalan Siliwangi, kata Wadi, pihaknya sudah mendata dan menandai, dari 245 pohon yang ada, 215 pohon sudah ditandai untuk ditebang karena berada ditengah badan trotoar yang akan ditata.

Sedangkan di Jalan Kartini, mulai dari persimpangan Siliwangi hingga rel KA, terdata ada sekitar 25 pohon di kiri dan kanan jalan yang menghalangi pekerjaan dan sudah ditandai untuk ditebang.

“Pohon itu akan dipotong, Jalan Siliwangi sampai lamer Krucuk, jalan Kartini sampai rel, itu tidak semua kita potong, hanya yang berdiri diatas drainase dan yang mengganggu jalur difabel saja,” ungkap Wadi. (Pey)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close