BeritaCirebon

KPP Pratama Cirebon Satu Dorong UMKM Kota Cirebon Manfaatkan Digital Marketing

Foto: Ist

Tujuan kegiatan BDS untuk peningkatan kepatuhan Wajib Pajak

INFOCRB.COM, CIREBON.- KPP Pratama Cirebon Satu bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Cirebon, Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik, Bukalapak, Relawan TIK Kota Cirebon dan Tax Center UGJ Cirebon menggelar Business Development Service (BDS), seminar yang mengambil tema “Digital Marketing untuk UMKM di Era Revolusi Industri 4.0 di Wilayah Kota Cirebon” tersebut di gelar di Ballroom salah satu hotel di Jalan Siliwangi, Selasa (26/11/2019).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kanwil DJP Jawa Barat II Yoyok Satiotomo dan dihadiri Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati serta pelaku UMKM se-Kota Cirebon.

Kepala KPP Pratama Cirebon Satu, Setiadi mengatakan, saat ini usaha mikro, kecil, dan menengah masih memegang peranan yang penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia. Tidak sedikit produk UMKM Indonesia yang sudah merambah ke beberapa Negara di dunia. Pemerintah Indonesia pun memandang penting keberadaan para pelaku UMKM. Hal ini dibuktikan dengan wadah khusus yang disiapkan Pemerintah untuk menaungi para UKM dan Koperasi di bawah Kementerian Koperasi dan UKM.

“Peranan UKM dirasakan begitu penting karena sektor ini tidak hanya sebagai sumber mata pencarian, tetapi juga menyediakan lapangan kerja baik langsung maupun tidak langsung bagi masyarakat,” ujar Setiadi.

Baca Juga:  Breaking News! Puluhan Rumah di Pesisir Kota Cirebon Terendam Banjir Rob

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, kata Setiadi, diharapkan masyarakat mampu meningkatkan kapasitas dalam pengembangan usaha, dan sebagai Pemerintah Daerah.

“Kami turut mendukung dan mengajak para pelaku usaha untuk turut berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran pajak dengan membayar dan melaporkan pajaknya dengan baik,” ungkapnya.

Senada, Kepala Kanwil DJP Jawa Barat II, Yoyok Satiotomo menjelaskan, melalui kegiatan yang diselenggarakan ini, DJP ingin mencapai peningkatkan perekonomian pelaku UMKM.

“Jadi, kalau mereka besar diharapkan sumbangan pajaknya juga besar,” ujarnya.

Kegiatan seperti ini, kata Yoyok, selain diselenggarakan di Cirebon, DJP Jawa Barat II telah melaksanakan di Subang, tahun depan Karawang dan Bekasi.

Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati mengatakan pemerintah Daerah Kota Cirebon selalu mendukung kegiatan yang mengarah untuk kemajuan, terutama hari ini adalah UMKM.

“Kota Cirebon UMKM sudah begitu banyak, pendataan kita belum maksimal. Belum maksimal dalam artian terlalu banyak, sehingga kita terus melakukan pendataan,” ujarnya.

Menurut Eti, masih ada beberapa keluhan dari para pelaku UMKM yang menjadi catatan kami untuk bisa memberikan ruang-ruang UMKM ini betul-betul tumbuh di Kota Cirebon.

“Apalagi sudah masuk diera industri 4.0, kita harus betul-betul memanfaatkan situasi yang hari ini dimudahkan,” pungkasnya. (Pey)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close