Langkah Digitalisasi Sistem Pelayanan Mampu Tingkatkan Perekonomian Daerah

oleh -0 views

Foto: Pegiat Literasi Digital, Ridwan Fariduddin.

INFOCRB.COM, CIREBON.- Digitalisasi dewasa ini dan untuk tahun-tahun ke depan sangat penting bagi kehidupan manusia. Di era sekarang penguasaan Internet dan Teknologi harus dimiliki masing-masing individu maupun stakeholder. Hal tersebut diungkapkan pegiat literasi digital, Ridwan Fariduddin.

Digitalisasi, lanjutnya, dapat diterapkan dimana saja dan sistem digitalpun saat ini terbukti sudah dipakai untuk pelayanan masyarakat bagi pemerintah daerah khususnya Kota Cirebon.

“Jika sistem di pemerintahan terintegrasi hingga tingkat bawah (RT), warga apabila ingi bayar pdam dan sejenisnya tidak perlu lagi ke loket pembayaran, tetapi bisa langsung melalui handphone mereka, saldonya dari mana? Bisa dari tabungan sehari-hari, yang hasil dari bank sampah contohnya,” kata Farid sapaan akrabnya.

Jika dinilai saat ini belum benar-benar diperlakukan, melakukan persiapan itu semua sudah menjadi keharusan agar tidak tertinggal di kemudian hari.

“Dulu, pernah ada yang tidak percaya bahwa transaksi online tidak akan mengganggu jual beli konvensional, tapi apa yang dilakukan oleh platform transaksi digital saat ini, melalui fitur-fiturnya, itu luar biasa, mereka menggandeng mitra-mitra yang hampir seluruhnya merupakan penjual konvensional yakni usaha kecil menengah (UKM),” kata Farid.

Relasi mitra-mitra itu, lanjutnya, untuk menyasar penjual tradisional untuk dimoderenisasi. Tetapi, perlu ditekankan, jika platform itu dari luar negeri atau bukan produk hasil sendiri, hasil dan keuntungan tidka didapat oleh pemerintah.

“Jika platform dari Kota Cirebon, hasil dan keuntungan untuk Kota Cirebon, maka dana itu akan meningkatkan perekonomian kota juga, tetapi jika menggunakan platform bukan produk sendiri, maka uangnya akan dinikmati orang lain, sudah langsung ke holding platform itu,” ujarnya.

Jadi, menurut Farid, baiknya di Kota Cirebon, masyarakat khususnya anak muda sudah mulai masuk dalam digitalisasi.

“Untuk semangat, ayo yang muda-muda di Cirebon harus memulai digitalisasi, kita mulai dari hal yang dibutuhkan masyarakat, jadi jika sudah dibutuhkan otomatis dipakai, contoh bagi pelajar, pedagang, aplikasinya kalau bermanfaat bisa dipakai,” ungkapnya. (Pey)

Komentar on Facebook

Tentang Penulis INFOCRB

Gambar Gravatar
Digital Media Informasi & Hiburan