Libatkan Organda dalam Perekrutan SDM, Ada Optimisme BRT Launching 7 April

oleh -23 views

Foto : Dokumentasi

INFOCRB.COM, CIREBON.- Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Agus Mulyadi sudah memanggil para pihak terkait yang tengah mempersiapkan rencana operasional 10 unit Bus Rapid Transit (BRT), mulai dari Dinas Perhubungan, PD Pembangunan selaku BUMD yang ditugaskan Walikota, PT BIG sebagai calon mitra yang digandeng PD Pembangunan, serta Organda.

“Kami sudah menggelar rapat evaluasi BRT, ada beberapa progres yang ditindaklanjuti, kemarin kita evaluasi lagi, dan termasuk dengan organda dan calon pengelola,” ungkap Agus.

Melihat laporan dari persiapan setiap tahapan yang disampaikan, lanjut Agus, semua sudah sesuai tupoksi, dan sudah menunjukkan progres yang baik, termasuk pihak Organda yang ditugaskan untuk mempersiapkan SDM yamg dibutuhkan.

Dengan progres tersebut, target awal yang diinginkan, yakni bulan April BRT sudah mulai beroperasi bisa dilaksanakan.

“Kalau lihat tahapan, sudah siap, Organda masuk di perekrutan SDM, rute perluasan, perjanjian kerjasama antara PT BIG dengan PD pun kita dorong,” katanya.

Sementara ini, dijelaskan Agus, launching BRT masih direncanakan awal April, sekitar di minggu kedua, namun sebelum di launching, akan ada evaluasi lagi untuk memastikan kesiapan semuanya benar-benar siap.

Setelah rapat tersebut, Organda pun akan mulai jalan, dan semua pihak diinteruksikan untuk melakukan pembahasan lebih intensif dengan difasilitasi oleh Dinas Perhubungan, termasuk untuk persiapan teknis lain yang diperlukan.

Termasuk tarif, itu belum dibahas secara terperinci, karena nanti akan ada semacam subsidi dari APBD, sehingga akan ada pergeseran anggaran yang sudah dianggarkan di Dishub sebesar Rp 500 juta ke belanja subsidi.

“Ada optimisme untuk menjalankan BRT, rencana launching 7 April, tapi sebelumnya kita evaluasi lagi,” jelas Agus.

Dalam rapat tersebut, Agus juga menekankan kepada PD Pembangunan, meskipun tugas BUMD adalah memberikan PAD, dalam hal ini, terutama di awal beroperasinya BRT, agar tidak terlalu muluk-muluk untuk menentukan profit yang dihasilkan.

“Kita tegaskan, untuk tahap awal penugasan bisa berjalan, tidak terlalu melihat faktor profit, jalan saja dulu. Start dan finish tetep di Dukuh Semar,” tandasnya. (Pey)

Komentar on Facebook

Tentang Penulis INFOCRB

Gambar Gravatar
Digital Media Informasi & Hiburan