Libur Maulid Nabi, Rapid Tes di Objek Wisata Kota Cirebon

oleh -3 views

Foto : Istimewa

INFOCRB.COM, CIREBON.- Mengantisipasi penebaran virus corona di tengah libur panjang dan cuti bersama Hari Maulid Nabi Muhammad SAW, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Cirebon melalukan tes rapid di dua tempat ojek wisata dan mall pada Kamis (29/10/2020).

Ditemui di sela kegiatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, dr Edy Sugiarto menjelaskan, pihaknya melakukan tes rapid untuk mengetahui apakah wisatawan ada yang terindikasi terpapar Covid-19.

“Iya (ini di tempat wisata) rapid tes kalau ada yang reaktif itu langsung diswab,” jelasnya.

Menurut dr Edy, setiap titik disiapkan 250 tes rapid, titiknya yakni Keraton Kasepuhan, Goa Sunyaragi dan tempat umum (mall).

“Tapi berapapun, ini katakanlah sampling, seberapa besar sebaran, berapa persen tamu-tamu dari luar (kota) yang membawa virus itu, kegiatan ini dilakukan hari ini (kemarin) saja,” ucapnya.

Jika dites kemudian reaktif, lanjut dr Edy, dilakukan swab dan misalkan hasilnya positif, Satgas Covid-19 Kota Cirebon akan langsung berkoordinasi dengan Satgas dimana wisatawan tersebut berasal.

“Kalau ada yang positif, bisa diisolasi dan kalau dia (wisatawan) bawa kendaraan pribadi bisa langsung pulang ke daerah asalnya,” ujar dr Edy.

Dijelaskannya, petugas yang terlibat dalam kegiatan tersebut yakni dari Dinkes seperti dari wilayah kerja Puskesmas, kemudian dari Dinas Pariwisata.

“Yang bertugas ada dari RS Ciremai juga, Dinkes, kemudian Dinas Pariwisata,” terangnya. (Pey)

Komentar on Facebook

Tentang Penulis INFOCRB

Gambar Gravatar
Digital Media Informasi & Hiburan