Mati Massal di Balkot Cirebon, Burung Pipit Dites PCR, Lokasinya Disemprot Desinfektan

oleh -65 views

Foto : penyemprotan desinfektan di Halaman Balai Kota Cirebon

INFOCRB.COM, CIREBON.- Fenomena Burung Pipit mati massal di Halaman Balai Kota Cirebon, Selasa (14/9/2021) lalu, yang kemudian dilakukan pengambilan sample oleh Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon.

Medis Veteriner DKPPPP Kota Cirebon, Drh Tri Angka menjelaskan, pihaknya telah melakukan tindakan uji sample ke beberapa burung yang mati. “Kami telah uji PCR itu burung, nanti pengujiannya di Bandung, Losari atau Subang,” ucapnya.

Uji tersebut dilakukan, kata Drh Tri, untuk menentukan penanganan apa yang harus dilakukan. “Untuk di Kota Cirebon ini kasus pertama kali, di Jogja di Bali juga sudah ada kejadian seperti ini,” jelasnya, Selasa (14/9/2021).

Prediksi awal, dijelaskannya, mungkin karena perubahan cuaca yang cukup cepat. “Mungkin juga burung kan unggas, bisa aja habis makan tanaman yang mengandung pestisida juga ada kemungkinan, sementara seperti itu,” ungkapnya.

Sementara itu, petugas Pengendalian dan Operasional (Dalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cirebon melalukan penyemprotan cairan desinfektan di titik burung tersebut mati, Kamis (16/9/2021).

Salah seorang petugas Dalops BPBD Kota Cirebon, Fadlan Muhammad menjelaskan, pihaknya hari ini melakukan penyemprotan cairan desinfektan di Halaman Balai Kota Cirebon.

“Ada lima titik (pohon) disemprot dengan cairan desinfektan, secara efeknya kurang tahu, tapi ini perintah langsung dari Kemenkes, sebagai antisipasi, iya betul ini terkait kematian burung,” ucap Fadlan.

Komentar on Facebook

Tentang Penulis M Hasan Hidayat

Gambar Gravatar
Pencari Berita Wilayah Cirebon Kota