BeritaKabupaten KuninganTokoh

Mengenal Gedung Sjahrir, Tempat Menginap Tokoh Indonesia Saat Perundingan Linggarjati

INFOCRB.COM, KUNINGAN.- Wisma Indonesia yang kini berganti nama menjadi Gedung Sjahrir menjadi saksi bisu kemerdekaan Indonesia. Gedung tersebut menjadi tempat dibahasnya pasal-pasal yang diajukan dalam perundingan Linggarjati oleh delegasi Indonesia.

Gedung Sjahrir berada di sekitar kawasan wisata Linggarjati, tepatnya di Jalan Linggasana, Kecamatan Linggasana, Kabupaten Kuningan, Jabar. Saat ini Gedung Sjahrir difungsikan sebagai gudang amunisi korem 063/SGJ.

Bangunan tua bergaya art deco itu memiliki lima ruangan. Kondisinya seperti tak terawat. Banyak rumput dan ilalang, warnanya kusam.

Menurut pengelola Gedung Linggarjatinyabg juga penjaga Gedung Sjahrir, Sukardi mengatakan tokoh Indonesia seperti Sutan Sjahrir, Agus Salim, Mohamad Roem dan lainnya sempat menginap di gedung tersebur selama pelaksanaan perundingan Linggarjati padan11-14 November 1946.

Sjahrir yang saat itu menjabat sebagai Perdana Menteri Indonesoa era Soekarno memimpin delegasi Indonesia. “Dulunya Wisma Indonesia, namanya Gedung Sjahrir. Digunakan untuk persiapan perundingan Linggarjati oleh Sjahrir, Agus Salim dan tokoh Indonesia lainnya,” kata Sukardi saat berbincang dengan Infocrb, Senin (26/8/2019).

Sukardi menceritakan selain dijadikan tempat persiapan perundingan, gedung Sjahrir juga digunakan untuk menginap. Sukardi mengamu tak tahu secara detil terkait fungsi gedung tersebut. “Yang saya tahu itu, hanya tempat mengingap dan persiapan perundingan,” katanya.

Gedung Sjahrir kini dijadikan sebagai gudang amunisi milik Korem 063/SGJ. “Sampai sekarang masih dijadikan sebagai gudang amunisi, punyanya Korem 063/SGJ, rayon arhanudse,” katanya. (NMRD)

Komentar on Facebook

Rental Mobil Cirebon
Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close