Menuju Jabar Sehat, LAB Baznas Beri Pemeriksaan Kesehatan Gratis Warga Argasunya

oleh -54 views

Foto : Pemeriksaan Kesehatan Keliling, LAB Baznas

INFOCRB.COM, CIREBON.- Layanan Aktif Baznas (LAB) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Cirebon dan Pemkot Cirebon memberikan pemeriksaan kesehatan keliling kepada warga di RW 06 Kedung Krisik Selatan, Kelurahan Argasunya, Kamis (17/6/2021).

LAB menggandeng Pemkot melalui Dinas Kesehatan untuk memberikan partisipasi tenaga dokter dalam memeriksa kesehatan warga di wilayah Selatan Kota Cirebon tersebut.

Koordinator program LAB Provinsi Jawa Barat, Jaja Mulyana mengungkapkan, di sektor kesehatan, ada tiga program yang dijalankan oleh LAB Baznas Provinsi Jawa Barat di semua Kota/Kabupaten yang ada, mulai dari pelayanan dan edukasi kesehatan, bantuan kesehatan serta pemeriksaan keliling.

“Hari ini di Kota Cirebon kita buka pemeriksaan kesehatan keliling, salahsatu program menuju Jabar Sehat,” ungkap Jaja.

Dijelaskan Jaja, untuk program pelayanan dan edukasi kesehatan, LAB melakukan pendampingan, sampai melayani kebutuhan pengobatan bagi para Mustahiq, di program bantuan kesehatan, LAB juga melakukan assesment kepada mereka yang membutuhkan bantuan kesehatan, seperti memberikan alat bantu kesehatan.

Kemudian untuk program pemeriksaan kesehatan ini, LAB keliling ke daerah-daerah se-Jabar, dan dalam satu bulan, LAB bisa mengunjungi beberapa daerah berbeda.

Keliling untuk memberikan pemeriksaan kesehatan gratis ini, kata Jaja, sengaja dilakukan dengan menggandeng pemerintah setempat, agar kedepan, bisa menstimulus instansi dan lembaga lain di daerah untuk memberikan perhatian serupa.

“Jadi ada tiga koord kegiatan kita, pelayanan dan edukasi kesehatan, bantuan kesehatan dan seperti hari ini, pemeriksaan kesehatan secara gratis, dalam satu bulan bisa lima sampai sembilan titik kita datangi di daerah berbeda,” jelas Jaja.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati berterima kasih dengan Layanan Aktif Baznas (LAB) Jabar yang hari ini memberikan pengobatan gratis khususnya untuk warga di RW 06 Kedung Krisik Selatan. “Kegiatan hari ini bentuk dukungan dari Gubernur dan Baznas Jabar,” ungkap Eti.

Untuk menjaga kesehatan, lanjut Eti, tidak bisa dilakukan hanya dari Pemda Kota Cirebon. “Dibutuhkan kebersamaan,” ungkap Eti. Dikarenakan Pemda Kota Cirebon memiliki sejumlah keterbatasan. Dengan kebersamaan, Eti meyakini permasalahan kesehatan masyarakat bisa teratasi. “Seperti yang dilakukan hari ini oleh Baznas,” ungkap Eti.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Baznas Kota Cirebon, M Taufik S Ag mengatakan, sampai saat ini perhatian Baznas Provinsi kepada Kota Cirebon begitu besar, terbukti dengan banyaknya program yang turun ke Kota Wali, salahsatunya adalah pemeriksaan keliling gratis.

“Ini adalah bantuan dari LAB Provinsi Jabar, kita sinergis melaksanakan kegiatan bersama, dan alhamdulillah Kota Cirebon selalu diperhatikan Baznas Provinsi, sudah banyak program dan bantuan yang turun,” ujar Taufik.

Dengan banyaknya program yang turun dari Baznas Provinsi, Taufik mengharapkan ini didukung bersama dengan tetap memberikan kepercayaan kepada Baznas dalam hal pengumpulan Zakat Infak dan Sadaqoh, terutama untuk para ASN.

“Ini kepercayaan buat kita, jadi harus kita jaga, dengan cara tetap maksimal dalam pengumpulan dan pendistribusian zakat, kepada para ASN untuk jangan ragu menitipkan ZIS nya ke Baznas,” kata Taufik. (Pey)

Komentar on Facebook

Tentang Penulis M Hasan Hidayat

Gambar Gravatar
Pencari Berita Wilayah Cirebon Kota