BeritaCirebon

Musim Hujan Telah Tiba

Foto : Istimewa

Sebagaimana prediksi BMKG, awal musim hujan di Wilayah III Cirebon dan sekitarnya mengalami kemunduran dibanding biasanya.

INFOCRB.COM, CIREBON.- Dua hari terakhir, wilayah Cirebon, khususnya Kota Cirebon diselimuti mendung, bahkan pada Rabu (4/12/2019) lalu, mendung gelap dan hujan turun di Kota Cirebon. Warga Kota Cirebon beranggapan kondisi cuaca seperti itu merupakan tanda dimulainya pergantian musim, dari musim kemarau ke musim hujan.

“Ini mendungnya mulai gelap, hujan juga turun, ya mungkin sudah mau memasuki musim hujan,” ujar salah satu warga Kecamatan Kesambi, Lukman, Rabu (4/12/2019).

Sebagaimana informasi dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kertajati Kabupaten Majalengka beberapa waktu yang lalu.

BMKG memprediksi awal musim hujan di Wilayah III Cirebon dan sekitarnya mengalami kemunduran dibanding biasanya.

Bahkan, kemunduran awal musim hujan itu diperkirakan mencapai hingga 30 hari.

Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Kertajati Kabupaten Majalengka, Ahmad Faa Iziyn, mengatakan, awal musim hujan di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan, mengalami kemunduran dibanding tahun sebelumnya.

“Diprediksi Wilayah III Cirebon baru memasuki musim hujan pada November – Desember 2019,” kata Ahmad Faa Iziyn saat dihubungi melalui sambungan teleponnya, Rabu (25/9/2019) lalu.

Baca Juga:  Kejari Kota Cirebon Luncurkan Program Bayar Denda Tilang Terkoneksi

Ia mengatakan, prediksi awal musim hujan tersebut juga tergantung dari zona musimnya.

Pasalnya, setiap wilayah mengalami zona musim yang berbeda-beda.

Misalnya, untuk wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon diprediksi akan memasuki musim hujan pada pertengahan November hingga awal Desember 2019.

“Indramayu juga sama, tapi di setiap kecamatannya akan berbeda,” ujar Ahmad Faa Iziyn.

Padahal, kata dia, di tahun-tahun sebelumnya Wilayah III Cirebon sudah memasuki awal musim hujan pada Oktober.

“Tahun ini November – awal Desember baru masuk musim hujan, jadi memang mundur hingga 30 harian,” kata Ahmad Faa Iziyn.

Ia menambahkan, sekitar 75 persen wilayah Indonesia mengalami keterlambatan masuk musim penghujan. Harusnya awal musim hujan pada November, kini terjadi pada Desember.

“Iya (mengalami keterlambatan) untuk sebagian besar wilayah Pulau Jawa memasuki musim hujan pada dasarian I atau 10 hari pertama dan dasarian II atau 10 hari kedua bulan Desember ini,” ujarnya. (Pey)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close