Kota Cirebon 649

Nadran “Sedekah Laut” Diramaikan Arak-Arakan Replika Perahu

INFOCRB.COM- Masyarakat kota Cirebon antusias dalam mengikuti rangkaian acara hari terakhir peringatan kota Cirebon ke- 649, sejak pagi mereka datang untuk menyaksikan tradisi nadran “Sedekah Laut” kota Cirebon 2018.

Bertempat di depan gedung BAT (15/9), kirab seni pesisiran “nadran” kota Cirebon di buka oleh Plt. Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata kota Cirebon R. Henda, SH, MH.

Selanjutnya Pj walikota Cirebon Dr. H Dedi Taufikkurohman M.Si dan ketua HNSI (Himpunan nelayan seluruh Indonesia) kota Cirebon Karsudin melepas peserta kirab nadran 2018 dengan pelepasan balon ke udara sebagai tanda dimulainya kirab nadran 2018.

Kirab tradisi nadran ini di ikuti oleh nelayan Samadikun, nelayan Cangkol, nelayan Kejawanan dan nelayan Pesisir.
Tradisi nadran ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, karena bertepatan dengan Hut kota Cirebon ke- 649 tahun.

Dibagi dengan 2 rute, replika perahu kirab selanjutnya di arak melalui rute BAT – Pantai pesisir untuk kelompok nelayan Samadikun dan Pesisir sedangkan rute BAT – Kejawanan untuk kelompok nelayan Cangkol dan Kejawanan. Kirab ini diiringi dengan kesenian-kesenian lainnya seperti burok, barongsai, marching band, tari-tarian, dan perwakilan beberapa SMP yang berada di kota Cirebon.

Muri selaku ketua panitia kelompok nelayan Cangkol mengatakan, “nadran sekarang sedikit berbeda karena bareng sama ultah (ulang tahun) kota jadi di satuin, nantinya sih tetep misah acara nadrannya,” ucapnya.

Sedekah laut atau biasa di sebut nadran merupakan bentuk rasa syukur nelayan kepada Tuhan YME, untuk itu di lakukan acara nadran setiap tahunnya.

Berlangsungnya agenda tradisi kirab nadran 2018 , tidak mengganggu arus lalu lintas sepanjang jalan Yos Sudarso menuju jalan Sisingamangaraja atau pun sebaliknya. (Tgr)

Rental Mobil Cirebon

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close