Pasar Modal di Jawa Barat Tumbuh Signifikan, Transaksinya Pecahkan Rekor

oleh -26 views

Foto : Zoom meeting workshop wartawan terkait pertumbuhan investor pasar modal

INFOCRB.COM, BISNIS.- Perkembangan investor pasar modal di Indonesia khususnya Jawa Barat di Tahun 2021 ini meningkat cukup signifikan. Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Perwakilan BEI Jawa Barat, Reza Sadat Shahmeini dalam pemaparan materinya di acara workshop wartawan secara virtual, Jumat (17/9/2021).

“Tumbuhnya signifikan, tapi angkanya (Jawa Barat) tidak jauh beda dengan provinsi lainnya, perkembangannya merata secara nasional, hanya saja Jawa Barat lebih dulu,” ucap Reza.

Faktornya, kata Reza, masyarakat di Jawa Barat tingkat literasi terkait dengan keuangan dan pasar modal lebih tinggi, dibanding dengan daerah lainnya. “Daerah lain yang cukup sulit mengakses berita terkait tentang pasar modal, industri keuangan secara keseluruhan, di Jawa Barat tahun lalu 101 ribu investor, tahun ini sampai Agustus sudah 192 ribu,” kata Reza.

Untuk nilai transaksi pasar modal di Jabar pun mengalami petumbuhan signifikan selama pandemi Covid-19. Hingga Agutus 2021, nilai transaksi pasar modal mencapai Rp 286,7 triliun.
“Nilai transaksi hingga Agustus 2021 ini sudah melampaui nilai transaksi yang dicapai pada 2020 yang mencatatkan Rp 251,3 triliun. Nilai transaksi di Jabar pada tahun 2021 ini berhasil memecahkan rekor dalam sejarah,” jelasnya.

Ia mengatakan, terkait dengan upaya BEI Jawa Barat meningkatkan literasi pasar modal dan industri keuangan di Jawa Barat sampai ke tingkat kabupaten/kota, pihaknya sedang dan akan terus melakukan kerjasama dengan semua pihak yang mendukung.

“Kami bekerjasama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Jawa Barat, ada juga MES Cianjur, nanti juga kabupaten lainnya akan bikin galeri investasi digital,” ucapnya.

Dengan organisasi lain pun, lanjutnya, BEI Jawa Barat sangat terbuka untuk membuat galeri-galeri investasi. “Mudah-mudahan dengan pendirian galeri investasi itu, nantinya kegiatan literasi, inklusi dan aktifasi di pasar modal bisa lebih banyak lagi,” ungkap Reza.

Komentar on Facebook

Tentang Penulis M Hasan Hidayat

Gambar Gravatar
Pencari Berita Wilayah Cirebon Kota