Pastikan Pemudik dalam Kondisi Sehat, Tes Rapid Antigen Disediakan di Pos Penyekatan

oleh -56 views

Foto : Layanan rapid tes antigen di Pos Penyekatan

INFOCRB.COM, CIREBON.- Kendaraan di luar plat Cirebon (E) diputarbalik petugas, jika tidak bisa menunjukkan surat keterangan bebas Covid-19, bagi yang memaksa melanjutkan perjalanan, pengendara diswab antigen gratis di lokasi. Hal tersebut diungkapkan oleh Kasatlantas Polres Cirebon Kota, AKP La Ode Habibi Ade Jama, Sabtu (15/5/2021).

“Ini (Jalan Kalijaga) pintu utama dari arah Jawa Tengah menuju Subang, Karawang sampai Jakarta, kami maksimal disini,” katanya.

“Hasil test (surat) kami periksa untuk memastikan bahwa mereka (pemudik) itu sehat untuk kembali ke daerahnya, kami tidak serta merta putarbalikkan pengendara, tapi lakukan pemeriksaan terlebih dahulu,” imbuh Kasatlantas

Habibi mengatakan untuk pengendara yang telah memiliki hasil swab PCR negatif Covid-19, maka diizinkan untuk melanjutkan perjalanan. Sementara itu, untuk pengendara yang belum dan telah memiliki hasil PCR namun kadaluarsa, maka diwajibkan untuk mengikuti tes terlebih dahulu.

“Sebentar, tidak lama untuk menunggu hasilnya. Yang reaktif ditindaklanjuti, yang non-reaktif diizinkan melanjutkan perjalanan,” kata Habibi.

Habibi menambahkan hingga siang ini sejumlah pengendara diputarbalikkan karena tidak bisa menunjukkan kelengkapan surat perjalanan, seperti surat perjalanan dan hasil PCR. “Sekitar 40 sampai 50 pengendara kita putar balikan. Pengecekan kita lakukan di titik ini, dari empat titik yang ada di Kota Cirebon. Pelaksanaannya 24 jam,” kata Habibi.

Sementara itu, salah seorang pemudik asal Pemalang, Ikhwan (38) mengaku mengapresiasi petugas yang menyediakan tes antigen gratis. Ihwan dinyatakan non-reaktif setelah menjalani tes antigen.

“Di Brebes ada pemeriksaan, hanya dokumen. Tadi sudah swab. Ini mau ke Jakarta, Senin mulai kerja soalnya,” katanya. (Pey)

Komentar on Facebook

Tentang Penulis INFOCRB

Gambar Gravatar
Digital Media Informasi & Hiburan