BeritaCirebon

PD Muhammadiyah Kota Cirebon, Mulai Sosialisasikan Maklumat Penetapan 1 Ramadan

Foto : Sekertaris PDM Kota Cirebon, Moh Umar memperlihatkan Maklumat Penetapan 1 Ramadan

INFOCRB.COM, CIREBON.- Sesuai dengan Maklumat nomor 01/ MLM/ I.0/ E/ 2020 tentang penetapan hasil hisab Ramadan, Syawal dan Dzulhijjah 1441 H yang diterbitkan Pengurus Pusat Muhammadiyah, ormas islam tertua di Indonesia tersebut sudah menetapkan bahwa tanggal 1 Ramadan akan jatuh dan bertepatan dengan tanggal 24 April 2020 mendatang.

Sekretaris Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Cirebon, Mohamad Umar menyampaikan bahwa pengurus di daerah, termasuk di Kota Cirebon sudah mendapatkan maklumat untuk mensosialisasikan hasil perhitungan yang dilakukan oleh PP Muhammadiyah tentang penetapan tangga 1 Ramadan tahun 1441 Hijriyyah.

“Di Muhammadiyah itu, dalam penetapan satu Ramadan, satu syawal, bahkan 10 Dzulhijjah, itu langsung menjadi domain dan kewenangan PP Muhammadiyah, dan kita di daerah sudah mendapatkan maklumat tersebut, akan mulai disosialisasikan,” ungkap Moh Umar.

Dalam melakukan penghitungan, lanjut Umar, PP Muhammadiyah memiliki satu majelis yang khusus untuk itu, yakni Majelis Tarjih dan Tajdid, dimana di majelis tersebutlah dihitung dan ditetapkan tanggal-tanggal penting yang berpengaruh pada proses ibadah umat islam.

“Kita sejak dulu melakukan itu, didasarkan pada hisab, serta dipedomani oleh perserikatan Muhammadiyah, Insya Allah tidak ada perbedaan dengan pemerintah maupun ormas manapun,” ujar Umar.

Baca Juga:  Cari Furniture dan Aksesoris, Selma Resmi Hadir di Grage City Mall

Sebagaimana maklumat yang diterbitkan, PP Muhammadiyah menetapkan bahwa tanggal 1 Ramadhan jatuh pada hari Jumat tanggal 24 April, sedangkan untuk untuk 1 Syawal jatuh pada hari Minggu 24 Mei 2020, begitupun dengan dua tanggal hari besar islam lainnya, yakni tanggal 9 dan 10 Dzulhijjah sudah ikut ditetapkan dalam maklumat yang tertanggal 25 Februari 2020 dan ditandatangani Ketua Umum Haedar Nashir tersebut.

“Jadi menurut hitungan kalender umum, satu bulan penuh, 30 hari kita melaksanakan 1441 H,” jelas Umar.

Untuk menyambut maklumat tersebut, ditambahkan Umar, PDM Kota Cirebon sudah mulai melakukan sosialisasi melalui berbagai forum, ditambah lagi, mengingat selalu ada kultur yang berbeda saat Ramadhan, maka PDM pun mulai mempersiapkan diri menghadapi bulan suci Ramadan tahun 1441 H.

“Insya Allah di kita ada pengajian kultur Ramadan, baik menjelang, saat Ramadan hingga setelah ramadhan, dan di Kota Cirebon sendiri, sosialisasi sudah mulai dilakukan,” pungkasnya. (Pey)

Komentar on Facebook

Loading...
Tags

Artikel Terkait

Back to top button
Close