Pelaku Ganjal ATM Dibekuk Polres Ciko, Sudah Beraksi di 18 TKP

oleh -75 views

Foto : barang bukti pelaku ganjal ATM

INFOCRB.COM, CIREBON.- Satreskrim Polres Cirebon Kota berhasil mengamankan sindikat kejahatan ganjal kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang sempat beraksi di 18 Tempat Kejadian Perkara (TKP) di wilayah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Indramayu.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Fahri Siregar dalam pers rilisnya menjelaskan, Satreskrim berhasil mengungkap kasus pencurian dengan pemberatan (curat), modus operandinya biasa disebut dengan “ganjal ATM”.

“Ini merupakan sindikat yang telah beberapa kali melakukan tindak kejahatan ganjal ATM,” ucap Kapolres.

Berdasarkan keterangan dari tersangka, kata Fahri, mereka sindikat sudah melakukan kejahatan itu 18 kali, ada di Kota Cirebon sebanyak 10 kali, wilayah Kabupaten Cirebon sebanyak 5 kali dan Kabupaten Indramayu sebanyak 3 kali.

“Pelaku berhasil kami tangkap pada Hari Selasa (14/9/2021), awalnya dari pelaku berinisial JON, kemudian dikembangkan ada tiga orang pelaku lainnya, ini sindikat totalnya 5 orang, empat sudah kami tangkap, satu orang lagi Daftar Pencarian Orang (DPO),” jelasnya.

Empat pelaku yang ditangkap, lanjut Fahri, yakni JON, M, P dan IT, sedangkan yang DPO adalah JUL. “M ini tugasnya menaruh tusuk gigi di dalam mesin ATM, setelah itu temannya mencoba untuk mengintip dari orang yang memasukkan pin ATMnya, nanti korban kesulitan memasukkan kartu ATM, terus pelaku pura-pura untuk membantu, dengan cepat pelaku mengganti kartu ATM korban dengan kartu ATM milik pelaku yang memang tidak berfungsi,” jelas Fahri.

Ia menjelaskan, barang bukti yang diamankan yakni dua unit mobil, dua batang tusuk gigi, dua unit ponsel, satu buah tas pinggang warna hitam dan 13 kartu ATM dari berbagai bank.

“Pasal yang dikenakan untuk pelaku yakni Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” jelasnya.

Komentar on Facebook

Tentang Penulis M Hasan Hidayat

Gambar Gravatar
Pencari Berita Wilayah Cirebon Kota