Peluncuran Gerakan Cinta Zakat, ASN Kota Cirebon jadi Contoh Tauladan Berzakat

oleh -10 views

Foto : Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi membayar zakat melalui Baznas

INFOCRB.COM, CIREBON.- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) se-Indonesia serentak melaksanakan Gerakan Cinta Zakat, Senin (10/5/2021).

Di Kota Cirebon, Gerakan Cinta Zakat dilangsungkan di Lobby Gedung Sekretariat Daerah dengan dihadiri para kepala SKPD di lingkungan Pemkot Cirebon.

Ketua Baznas Kota Cirebon, M Taufik S Ag menambahkan, Gerakan Cinta Zakat ini merupakan interuksi langsung, serta sekaligus sudah dicontohkan oleh Presiden RI, Joko Widodo, dimana Gerakan Cinta Zakat sudah Presiden lakukan dengan memberikan zakatnya melalui Baznas RI.

“Se-Indonesia serentak Gerakan Cinta Zakat. Presiden, Wakil Presiden serta para menteri sudah menyalurkan zakatnya melalui Baznas, disusul setelah itu, Gubernur dan Jajarannya juga membayarkan zakat melalui Baznas Provinsi Jabar, dan hari ini di Kota Cirebon,” ungkap Taufik.

Dijelaskan Taufik, Baznas sendiri hadir dan berdiri dengan landasan Undang-undang Republik Indonesia nomor 23/2011, dimana didalamnya dijelaskan bahwa Baznas adalah lembaga resmi pemerintah yang ditugaskan untuk menghimpun, mengelola serta menyerahkan Zakat di Indonesia.

“Menurut UU tersebut, Baznas punya hak penuh atas pengumpulan, pengelolaan dan pendistribusian zakat di Indonesia,” jelas Taufik.

Di Kota Cirebon, lanjut Taufik, Wali Kota Cirebon konsen terhadap zakat, terbukti dengan sudah diterbitkannya Perwali tentang pengumpulan Zakat Infak dan Sodaqoh (ZIS), dan itu menjadi awal dari kebangkitan zakat di Kota Cirebon.
Dilaporkan Taufik, terhitung sejak 2016 sampai April 2021 saat ini, Baznas Kota Cirebon sudah melakukan penerimaan, pengelolaan hingga penyaluran zakat dalam angka yang sangat besar.

Menurut data, hingga saat ini Baznas sudah menerima dana zakat sebesar 14.033.970.532 rupiah, dimana 30 persennya berasal dari ZIS yang diserahkan oleh ASN, dengan penyalurannya melalui lima program prioritas Baznas dengan mencapai angka 13.871.066.731 rupiah.

“Kita punya lima program, dan sampai saat ini, penyaluran zakat sudah kita lakukan kepada penerima manfaat sebanyak 78 963 jiwa, semuanya kita pastikan masuk dalam kategori mustahiq,” kata Taufik.

Sementara, dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Agus Mulyadi mengungkapkan, melalui Gerakan Cinta Zakat ini, Baznas memfasilitas, serta sudah menyediakan kanal-kanal agar para ASN bisa membayarkan zakat dengan mudah.

Bahkan, kemudahan yang diberikan tak hanya itu, dimana para muzaki bisa membayarkan zakatnya dengan metode scan barrcode secara non tunai.

“Silahkan kemudahan ini dimanfaatkan untuk kita menunaikan kewajiban zakat yang menjadi salahsatu dari rukun Islam,” ungkap Agus.

Agus mengharapkan, Gerakan Cinta Zakat ini bisa direspon baik oleh perangkat daerah di Kota Cirebon, sehingga mereka bisa memberikan contoh yang baik bagi masyarakat dalam hal berzakat.

“Saya ingin para ASN menjadi contoh dan suri tauladan bagi masyarakat dalam ketaatan membayarkan zakat, khususnya saat ini zakat fitrah,” kata Agus. (Pey)

Komentar on Facebook

Tentang Penulis INFOCRB

Gambar Gravatar
Digital Media Informasi & Hiburan